Lengkap, Rincian Suku Bunga Kredit Bank Mandiri, BRI, BTN, dan BNI Terbaru

Kompas.com - 05/03/2021, 16:03 WIB
Ilustrasi pembayaran digital dengan kartu kredit Visa. DOK. SHUTTERSTOCK/TEERAWIT CHANKOWETIlustrasi pembayaran digital dengan kartu kredit Visa.


JAKARTA, KOMPAS.com – Bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ramai-ramai menurunkan suku bunga dasar kredit (SBDK) per akhir Februari 2021.

Hal ini menyusul pemangkasan suku bunga acuan BI-7DRRR menjadi 3,50 persen pada Februari 2021. Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mengungkap data bahwa perbankan pelat merah tergolong paling sulit menurunkan SBDK.

BI bahkan menyebut suku bunga kredit yang tinggi menjadi salah satu alasan debitur enggan kembali ke bank. Kini, bank-bank BUMN sudah merespons penurunan suku bunga kredit acuan bank sentral.

Angka penurunannya beragam berdasarkan kebijakan bank dan segmen kreditnya. Berikut rincian pemangkasan SBDK di masing-masing bank BUMN.

Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menurunkan SBDK untuk seluruh segmen sejak 28 Februari 2021.

Baca juga: Bank Ganesha Gelar Ungkap Strategi Perseroan di Tahun 2021

Bila dirinci, penurunan suku bunga yang terjadi pada seluruh segmen, korporasi, ritel, mikro, KPR dan non-KPR berada pada rentang 150 basis poin (bps)-325 bps.

Penurunan SBDK terbesar diberikan pada kredit konsumer non-KPR sebesar 3,25 persen. Dengan penurunan ini, SBDK non-KPR berubah dari semula 12 persen menjadi 8,75 persen.

Selain itu, BRI menurunkan SBDK KPR sebesar 2,65 persen, dari 9,90 persen menjadi 7,25 persen.

Penurunan SBDK juga dilakukan untuk segmen mikro sebesar 2,5 persen. Perubahan ini membuat SBDK mikro turun dari 16,50 persen menjadi 14 persen.

Pada kredit segmen korporasi dan ritel, BRI melakukan penurunan SBDK masing-masing sebesar 1,95 persen dan 1,5 persen. Dengan demikian saat ini, SBDK korporasi berubah dari 9,95 persen menjadi 8 persen. Kemudian, SBDK segmen ritel berkurang dari 9,75 persen menjadi 8,25 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X