Erick Thohir Akan "Sulap" Perum PFN Jadi Lembaga Pembiayaan Film

Kompas.com - 05/03/2021, 17:16 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memamerkan sejumlah ikan cupang. Tangkapan Layar Instagram @erickthohirMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memamerkan sejumlah ikan cupang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku mempunyai rencana besar bagi industri perfilman di Indonesia.

Dia ingin menyulap Perum Produksi Film Negara (PFN) menjadi lembaga pembiayaan film dan konten di Tanah Air.

“Kita tidak mau menjadi menara gading dan pesaing industri. PFN kita enggak mau, dengan kondisi perfilman Indonesia saat ini, industri konten lagi berat karena Covid, bioskop tutup. PFN sedang kami ubah jadi lembaga pembiayaan film dan konten. Sebab, kalau PFN-nya juga bikin film, ya sama aja bohong,” ujar Erick saat memberi sambutan dalam Rapat Kerja Nasional HIPMI 2021, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Erick Thohir: Holding BUMN Ultra Mikro Terbentuk di Kuartal III Tahun Ini

Dalam menjalankan bisnis model yang baru, Mantan bos Inter Milan ini ingin PFN bersinergi dengan perusahaan pelat merah lainnya. Salah satu contohnya dengan Telkom.

“Tapi sinergisitas PFN sendiri harus didukung oleh BUMN lainnya, contohnya Telkom. Karena sekarang eranya sudah Netflix, Disney Hotstar. Media juga berubah, radio berubah, ada club house,” kata dia.

Dia juga telah memerintahkan direksi PFN untuk menggandeng para komunitas pembuat film dan konten yang ada di Indonesia.

“Tapi ada market-nya, distribusinya dan pembeliaannya Telkom, karena kalau tidak, enggak balik modal itu semua. 10 kali bikin film, 9 gagal, 1 untung. Mana ada bank yang mau biayaain. Nah hal-hal ini coba kita insurance dengan ekspansi pasar, infrastruktur yang ada di Telkom dan Telkomsel,” ungkap dia.

Baca juga: Gadai Barang Tanpa Bunga di Pegadaian, Ini Syarat dan Caranya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X