Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Berkarier di Tahun Kerbau Logam? Ini Saran Ahli Feng Shui

Kompas.com - 05/03/2021, 19:30 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2021 adalah tahunnya kerbau logam. Di tahun ini, ada sejumlah harapan bagi kamu yang mau sukses dari sisi karir maupun finansial.

Ahli Feng Shui, Jenie Fheng Shui mengatakan, tahun 2021 adalah tahun kerja keras karena ada unsur kerbau, tanah, dan logam. Layaknya kerbau, kamu perlu bekerja keras demi mencapai kesuksesan karir yang berefek pada cuan.

Karena gerakan kerbau relatif lambat dibanding tikus, maka kamu juga perlu sabar. Jangan tergesa-gesa dan fokus pada proses. Sabar dan fokus menjadi kunci karirmu lancar tahun ini.

Baca juga: 5 Cara Keluar dari Zona Nyaman agar Karier Tidak Mandek

"Tahun kerbau pergerakannya lambat akhirnya kamu sedikit-sedikit emosi. Jangan emosi, kecemasan akan berpengaruh pada kesehatan. Orang takut pada coronavirus, padahal yang paling penting dan harus dijaga adalah kesehatan. Tubuh harus seimbang," kata Jenie dalam live Instagram bersama Kompas.com, Jumat (5/3/2021).

Tahunnya Teknologi dan IT

Jenie menuturkan, tahun ini adalah tahunnya teknologi dan IT yang digambarkan oleh unsur logam. Untuk itu, kelancaran karir akan dipengaruhi oleh kreatifitasmu.

Perlu diingat, unsur logam yang terlalu banyak mungkin saja membuat energimu dikuras habis tahun ini. Untuk itu, kreatifitas tetap harus realistis dan masuk akal.

Tapi kamu harus tetap berjuang semampumu meski hasilnya belum begitu maksimal, mengingat kerbau adalah hewan yang berjalan lambat.

"Tahun lalu tikus logam, tahun ini kerbau logam. Ada kelebihan unsur logam. Berarti dunia digital terlalu cepat tapi pada kenyataannya kita bergerak seperti kerbau yang tidak secepat digital. Akan banyak terjadi ketidakseimbangan di era logam, jadi hati-hati over energy," tutur Jenie.

Baca juga: Tips Mengembangkan Karier pada 2021

Jenie menilai, tahun 2021 adalah tahun yang baik untuk bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) karena transformasinya bisa lebih lincah.

Di tahun kerbau logam, UMKM memiliki kesempatan untuk mengadopsi teknologi digital dalam bisnisnya. Asal tahu saja, paham teknologi membuatmu lebih mampu membaca keinginan pasar sehingga keputusan strategis dalam bisnis lebih mudah diambil.

Pekerja Kantoran

Sementara bagi kamu pekerja kantoran, tahun ini harus lebih menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Sebab, bekerja dari rumah (work from home/WFH) terlihat masih akan terjadi di tahun ini.

Baca juga: Lamar Kerja di Posisi Ini, Karier Bisa Cepat Melejit

Jadikan rumahmu tempat yang nyaman untuk bekerja. Meski terkesan sulit pada awalnya, bekerja di rumah akan membuatmu jadi orang yang lebih realistis. Akan ada banyak hal yang bisa kamu sadari saat di rumah terus-menerus, termasuk memikirkan masa pensiun dan anggaran yang diperlukan nantinya.

"Sebetulnya bagus, sekarang meeting jadi di dalam rumah akhirnya godaan berkurang. Intinya semua hal dalam kehidupan harus ditata dengan baik, sama seperti menata rumah. Konsisten, enggak boleh malas-malasan. Jangan sampai di rumah membuat terlena," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com