Macquarie Serap Seluruh Saham Baru Emiten Milik Saratoga, Totalnya Rp 2,43 Triliun

Kompas.com - 09/03/2021, 12:03 WIB
Ilustrasi emas yang ditemukan di tambang. ThinkstockIlustrasi emas yang ditemukan di tambang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan investasi asal Australia, Macquarie Capital Ltd memborong seluruh saham baru yang diterbitkan oleh produsen emas Grup Saratoga, PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Emiten bersandi saham MDKA ini telah melaksanakan Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) alias private placement dengan menerbitkan 1 miliar saham baru.

Mengutip keterbukaan informasi BEI, Selasa (9/3/2021), nilai pelaksanaan saham per tanggal 4 Maret 2021 sebesar Rp 2.420 per lembar saham. Dengan begitu, Macquarie menyetor dana kepada MDKA sekitar Rp 2,43 triliun.

Baca juga: Sandiaga Uno Ungkap Makna Nama Saratoga

"Dana yang diperoleh perseroan melalui pelaksanaan PMTHMETD akan dipergunakan oleh perseroan dan/atau anak perusahaan untuk keperluan belanja modal dan/atau kebutuhan modal kerja perseroan dan/atau anak perusahaan," tulis manajemen dalam keterangan bursa.

Setelah private placement, jumlah saham yang beredar menjadi 22,9 miliar lembar saham dari yang sebelumnya 21,8 miliar lembar. Tanggal pencatatan saham tambahan hasil private placement efektif sejak 5 Maret 2021.

Perseroan menyampaikan, 75 persen dana hasil penawaran umum akan dialokasikan untuk BKP, sementara sisanya untuk perseroan setelah dikurangi biaya-biaya emisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sisa dana ditempatkan pada saldo bank berbentuk giro rupiah dan dalam bentuk dollar AS di beberapa bank, antara lain UOB Indonesia, HSBC Indonesia, dan Bank Permata.

Masuknya Macquarie Capital menempatkannya jadi pemegang saham terbesar kelima emiten perusahaan emas ini. Sebelum private placement, 19 persen saham MDKA dikuasai oleh PT Saratoga Investama Sedaya.

Tiga pemegang saham terbesar lainnya, meliputi PT Mitra Daya Mustika sebesar 13 persen, Garibaldi Thohir sebesar 6 persen, dan PT Suwarna Arta Mandiri sebesar 6,3 persen.

Adapun pada perdagangan Selasa (9/3/2021), harga saham MDKA melaju di zona merah dengan penurunan sebesar 40 poin atau 1,57 persen. Penurunan menempatkan saham Saratoga di level 2.510 per lembar saham.

Baca juga: Gurita Bisnis Saratoga, Perusahaan Milik Menparekraf Sandiaga Uno



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X