Mensos Risma Bakal Salurkan Surplus Beras dari Merauke ke NTT

Kompas.com - 09/03/2021, 15:47 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini KOMPAS.COM/ACHMAD FAIZALMenteri Sosial Tri Rismaharini

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bakal menyalurkan surplus beras yang ada di Merauke Papua, ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

Artinya, pihaknya bakal membuka akses pasar daru wilayah paling ujung timur Indonesia tersebut ke NTT. Pengiriman beras dari NTT pun tak perlu lagi dilakukan dari Jawa.

Risma mengatakan, dengan adanya akses langsung dari Merauke, maka harga beras di wilayah NTT bisa lebih murah dari harga pasaran saat ini.

Baca juga: Pemerintah Didesak Kaji Ulang Kebijakan Impor Beras 1 Juta Ton

"Kami akan buat akses dari Merauke, surplus beras pindah ke NTT. Sehingga NTT nggak usah mengambil beras dari jawa, Merauke bisa mendapat pasar dari NTT dan tentu harus lebih murah. Ini coba kami selesaikan," ujar Risma dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 Hari ke-4, Selasa (9/3/2021).

Mantan Walikota Surabaya itu mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan agar masyarakat di NTT dan kawasan timur bisa mendapatkan akses yang lebih mudah terhadap kebutuhan pokok.

Ia pun mengatakan bakal melakukan perjalanan dinas ke NTT pekan depan. Selain itu, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) terkait dengan penetrasi internet di kawasang tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalai mereka dilatih menggunakan teknologi, maka akan bisa mengakses pasar. Ini yang coba kita lakukan di beberapa daerah terpencil yang kita coba tangani bersama," ujar dia.

Baca juga: Perkuat Cadangan, Bulog Mulai Serap Beras 500 Ton dari Aceh

Risma pun mengatakan dengan dibukanya akses terhadap pasar tersebut, tercipta pemerataan harga bahan pokok.

Harga beras di kawasan NTT dan wilayah timur lain menjadi tidak jauh berbeda.

"Jadi perbedaan harga di Jawa dan beberapa daerah di Indonesia tidak jauh berbeda," ujar dia.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.