Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Online dan SMS

Kompas.com - 10/03/2021, 09:20 WIB
Cara cek saldo jht dan status kepesertaan bpjs ketenagakerjaan, cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara cek saldo jht dan status kepesertaan bpjs ketenagakerjaan, cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pekerja wajib terdaftar dalam program Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Iuran yang dibayarkan per bulan akan terakumulasi dan suatu saat bisa dicairkan. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan (cek saldo BPJS Ketenagakerjaan) juga bisa dilakukan via online.

Sebagai informasi, bagi pekerja penerima upah, besaran iuran JHT adalah 5,7 persen dari upah, dengan ketentuan sebanyak 2 persen dibayarkan oleh pekerja sementara sisanya sebesar 3,7 persen dibayarkan pemberi kerja.

Dalam peraturan terbaru yakni Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2015, saldo JHT bisa diambil 10 persen, 30 persen, hingga 100 persen tanpa harus menunggu usia kepesertaan 10 tahun atau peserta minimal berumur 56 tahun.

Peserta yang masih aktif bekerja di perusahaan atau sedang mempersiapkan masa pensiun dapat mengajukan klaim saldo JHT 10 persen atau 30 persen.

Baca juga: 3 Cara Mudah Cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan Selama Covid-19

Sementara peserta yang sudah tidak bekerja karena beberapa kondisi dapat mengajukan pencairan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan miliknya sebesar 100 persen.

Dikutip dari Kontan, Rabu (10/3/2021), berikut cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan (cek saldo BPJS Ketenagakerjaan):

1. Via SMS 2757

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan (cek BPJS Ketenagakerjaan) via SMS bisa melalui nomor 2757.

Sebelumnya, peserta BPJAMSOSTEK harus mendaftar via SMS dengan mengetik: Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada). Kemudian kirim ke 2757.

Setelah terdaftar, peserta bisa mengirim pesan dengan format SALDO (spasi) no peserta, lalu kirim ke 2757.

Baca juga: Cara Mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan via Online

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X