IHSG Menguat di Sesi I, Asing Borong Saham BBCA, TLKM, dan ARTO

Kompas.com - 10/03/2021, 12:30 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, beberapa waktu lalu. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, beberapa waktu lalu.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada penutupan perdagangan sesi I di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (10/3/2021).

Melansir RTI, IHSG pada sesi I menguat 0,9 persen di level 6.257,41. Total transaksi siang ini mencapai Rp 5,3 triliun dengan volume 13,3 miliar saham. Net buy asing siang ini Rp 403,9 miliar di seluruh pasar.

Sektor infrastruktur menyumbang kenaikan IHSG siang ini sebesar 1,8 persen, basic industri 1,4 persen, properti 1,2 persen, dan finance 1 persen.

Siang ini asing paling banyak borong saham Bank BCA (BBCA) sebesar Rp 47,4 miliar, saham Telkom Indonesia (TLKM) sebesar Rp 36,2 miliar, dan Bank Jago (ARTO) sebesar Rp 24,3 miliar.

Baca juga: OJK Naikkan Modal Disetor untuk Bursa Efek Jadi Rp 100 Miliar

Sementara itu, saham yang paling banyak dijual asing adalah Astra International (ASII) sebesar Rp 46 miliar, United Tractors (UNTR) sebesar Rp 29,2 miliar, dan Vale Indonesia (INCO) sebesar Rp 17,2 miliar.

Posisi teratas siang ini dipimpin oleh Mahaka Media (ABBA) dengan kenaikan 30,4 persen di level Rp 150 per saham, Summarecon Agung (SMRA) melejit 13,5persen di level Rp 1.005 per saham, dan ARTO sebesar 9,5 persen di level Rp 11.200 per saham.

Sementara itu, rupiah di pasar spot berbalik melemah setelah pagi tadi sempat menguat tipis. Melansir Bloomberg, rupiah siang ini berada di level Rp 14.408 per dollar AS atau melemah 2 poin (0,02 persen) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 14.406 per dollar AS.

Baca juga: Cara Mendapatkan EFIN Online untuk Lapor SPT Tahunan

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X