Selama Pandemi, Transaksi Belanja Online Melalui GoMart Naik 7-8 Kali Lipat

Kompas.com - 10/03/2021, 13:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Head of Groceries Gojek Tarun Argawal mengatakan, semenjak mewabahnya pandemi, transaksi berbelanja masyarakat secara digital ikut meningkat.

Hal itu terlihat dari transaksi belanja online masyarakat melalui GoMart yang mengalami peningkatan sebesar 7 hingga 8 kali lipat.

"Kami melihat layanan belanja secara online ini menjadi andalan bagi masyarakat kita, yang di mana mereka sudah beradaptasi dari kebiasaan belanja kebutuhan secara offline ke online. Data kami mencatat adanya pertumbuhan signifikan sebesar 7-8 kali lipat transaksi belanja melalui layanan ini," ujar Tarun saat wawancara ekslusif bersama Kompas.com, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: Cetak Rekor Baru, Kekayaan Elon Musk Bertambah Rp 350 Triliun Dalam Sehari

Tak hanya itu, GoMart juga mencatatkan jumlah barang per unit atau SKU item yang terjual melalui GoMart mengalami peningkatan sebesar 19 kali lipat.

Bahkan, jumlah pengguna layanan ini juga meningkat setiap bulannya sebesar 8 kali lipat.

"Dengan adanya peningkatan ini, layanan online grocery ini menjadi andalan bagi masyarakat dan layanan ini menjadi semakin relavan bagi pengguna untuk memenuhi kebutuhan mereka," ungkap Tarun.

Selain itu, sejak April 2020, layanan ini terus memperluas area cakupan layanannya hingga luar Jabodetabek.

Saat ini layanan belanja online GoMart sudah bisa dinikmati di 11 kota besar di Indonesia termasuk Medan, Palembang, Makassar serta 8 kota besar lainnya di Jawa dan Bali.

Baca juga: Ada Pejabat Pertamina Dicopot Jokowi, Ini Respons Ahok

Sementara itu, untuk menambah ragam pilihan merchant dan variasi produk agar bisa dinikmati masyarakat, GoMart sudah menambah kerjasama dengan beberapa pihak lain untuk menjadi mitra merchant

"Sebelumnya kita hanya bermitra dengan Alfamart dan Alfamidi untuk menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan minuman, namun kini kami telah memperluas kemitraanya dengan supermarket dan merchant lain seperti LotteMart, Foodhal, SayurBox dan baru-baru ini Perum Bulog," ucap dia.

Ke depan, GoMart pun akan terus berekspansi dan terus mencoba melengkapi berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.