Indonesia Bidik Perluasan Pasar Produk Makanan dan Minuman di Jepang

Kompas.com - 10/03/2021, 19:27 WIB
Ilustrasi industri SHUTTERSTOCKIlustrasi industri

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mendorong perluasan pasar produk makanan dan minuman (mamin) di Jepang.

Hal ini dilakukan dengan berpartisipasi dalam pameran The 46th International Food and Beverage Exhibition (Foodex 2021) di Makuhari Messe, Chiba, Jepang.

Pameran yang berlangsung sepanjang 9-12 Maret 2021 itu menjadi ajang untuk mencari produk mamin baru bagi buyer Jepang dan internasional.

Baca juga: Ini Produk Makanan dan Minuman Paling Banyak Dicari di Tokopedia

"Foodex ke-46 jadi momentum bagi produk mamin Indonesia untuk mengambil kesempatan dan keuntungan, khususnya di tengah pandemi Covid-19," ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021).

Foodex merupakan salah satu pameran makanan dan minuman terbesar di Asia.

Pada 2019, Foodex diikuti lebih dari 3.000 peserta dengan jumlah pengunjung lebih dari 80.000 orang dari 94 negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, pada 2020, pameran tersebut tidak digelar karena pandemi Covid-19. Adapun pada Foodex 2021, Paviliun Indonesia menempati lahan seluas 72m² dan berada di hall 4.

Pada gelaran tahun ini, sebanyak 13 perwakilan Indonesia berpartisipasi dalam Paviliun Indonesia. Perwakilan tersebut merupakan distributor merek makanan ternama, seperti Mayora, Indofood, Fiesta, Kokita, ABC, Finna, Gaga, dan Sasa.

Baca juga: 5 Jenis Makanan dan Minuman yang Paling Banyak Dipesan Lewat GrabFood pada 2020

Paviliun Indonesia juga menampilkan beberapa produsen produk madu organik, buah-buahan, dan olahan kelapa.

Selain itu, Indonesia juga memberikan fasilitasi bagi usaha kecil dan menengah (UKM) binaan untuk menampilkan produknya yang berupa cokelat organik, keripik, kopi, anggur tradisional, dan porang.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Kasan menambahkan, pemerintah Jepang saat ini masih melarang warga negara asing untuk masuk ke negara itu.

Partisipasi pada Foodex 2021 diprioritaskan bagi pelaku usaha yang telah memiliki perwakilan atau distributor di Jepang.

Prioritas juga diberikan pada pelaku usaha yang produknya memiliki prospek di Jepang dan bersedia mengirimkan contoh produk.

Baca juga: 100 Situs Perdagangan Berjangka Ilegal Diblokir Bappebti, Lagi-lagi Ada Binomo

"Foodex jadi ajang untuk meningkatkan penetrasi ekspor produk mamin Indonesia ke pasar Jepang. Diharapkan melalui keikutsertaan pada pameran ini, produk mamin Indonesia semakin dikenal di Asia, khususnya Jepang dan mancanegara,” ucap Kasan.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.