Relokasi dari China, Produsen Sepatu Asics Bakal Bangun 3 Pabrik di Indonesia

Kompas.com - 10/03/2021, 20:04 WIB
Berbagai jenis sepatu outdoor Onitsuka Tiger yang dibuat tahun 1955 hingga 1968, disimpan di Museum Asics di Kobe, Jepang KOMPAS.com/WisnubrataBerbagai jenis sepatu outdoor Onitsuka Tiger yang dibuat tahun 1955 hingga 1968, disimpan di Museum Asics di Kobe, Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, produsen sepatu asal Jepang, Asics memindahkan atau merelokasi pabriknya dari China ke Indonesia.

Rencana penambahan fasilitas produksi Asics itu diperkuat setelah Agus melakukan pertemuan dengan pihak Asics di Jepang.

"Sebelumnya mereka punya beberapa fasilitas produksi di China tapi semuanya ditutup dan hanya disisakan satu saja karena dipindahkan ke Indonesia," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: Perusahaan Garmen Korsel Relokasi Pabrik dari China ke Pati

Ia mengungkapkan, Asics akan membangun tiga pabrik yang semuanya berlokasi di wilayah Jawa.

Terdiri dari pabrik di Cirebon, Jawa Barat dan Tegal, Jawa Tengah yang ditargetkan mulai berproduksi pada Januari 2022.

Kemudian satu lagi pabrik di Pemalang, Jawa Tengah yang direncankan akan mulai berproduksi pada Maret 2023 mendatang. Hal itu sekaligus menambah jumlah pabrik Acsis menjadi 4 di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Asics memberikan komitmen pengembangan di tiga tempat. Sekarang mereka baru memiliki satu pabrik saja di Jakarta," ungkap Agus.

Agus mengatakan, sebanyak 90 persen produk sepatu Asics yang diproduksi di Indonesia sudah di ekspor ke berbagai negara, diantaranya Amerika Serikat dan Jepang itu sendiri.

Menurut dia, hal itu menunjukkan bahwa industri di Tanah Air memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk-produk dengan kualitas tinggi yang diterima di pasar global.

"Itu menandakan industri-industri kita, sumber daya manusia di Indonesia sudah bisa menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi yang diterima oleh market-market yang memang mempunyai prevalensi yang tinggi," tutupnya.

Baca juga: Sambut Relokasi Investasi dari China dkk, Pemerintah: Ada 127 Area Industri Seluas 55.000 Hektar



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.