KILAS

Kebutuhan Pasar Berubah Akibat Pandemi, Menaker Ida Minta BLK Surakarta Mengikutinya

Kompas.com - 11/03/2021, 09:03 WIB
Menaker Ida Fauziyah (tengah), didampingi Walkot Surakarta, Gibran Rakabuming Raka (nomor dua dari kiri), meresmikan Kejuruan Barista Jamu di BLK Surakarta pada Kamis (10/3/2021) Dok. Humas Kementerian KetenagakerjaanMenaker Ida Fauziyah (tengah), didampingi Walkot Surakarta, Gibran Rakabuming Raka (nomor dua dari kiri), meresmikan Kejuruan Barista Jamu di BLK Surakarta pada Kamis (10/3/2021)

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta Balai Latihan Kerja (BLK) di Surakarta, Jawa Tengah untuk selalu mengikuti kebutuhan pasar.

“Saya minta kepada BLK Surakarta untuk selalu mengikuti kebutuhan masyarakat, dunia usaha dan industri,” ucap Menaker Ida, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Hal tersebut dikatakan Menaker Ida saat didampingi Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka meresmikan kejuruan baru di BLK Surakarta, yakni Pelatihan Barista Jamu, pada Rabu (10/3/2021). 

Menaker Ida mengatakan itu karena pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, namun juga sektor ekonomi dan sosial. Salah satu dampak yang terlihat adalah perubahan pola konsumsi masyarakat.

Baca juga: Menaker Ida Fauziyah Tak Ingin BLK Lahirkan Pengangguran Baru

Ia menuturkan, selama pandemi, terdapat fenomena unik, yaitu tingkat konsumsi masyarakat terhadap jamu naik pesat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya kira konsumsi jamu pada saat pandemi Covid-19 ini meningkat, karena menyesuaikan kebutuhan masyarakat untuk tetap sehat,” ucapnya.

Fenomena tersebut memicu Kementerian Ketenagakerjaan menggelar Pelatihan Barista Jamu di BLK Surakarta, untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) kompeten di sektor yang tengah digemari masyarakat.

“Surakarta adalah salah satu daerah yang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)-nya berkembang pesat,” tutur Ida.

Baca juga: Menaker Imbau Pekerja Tak Bepergian Libur Isra Mikraj dan Nyepi, Ini Aturannya

Adapun, BLK Surakarta merupakan BLK tertua di Indonesia, yang sudah berdiri sejak tahun 1947.

BLK Surakarta juga merupakan salah satu BPK Unit Pelaksanaan Teknis Pusat (UPTP) yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalattas), Kemnaker.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.