Volume Lalu Lintas Tol Naik 24 Persen, 153 Ribu Mobil Tinggalkan Jabotabek

Kompas.com - 11/03/2021, 16:37 WIB
Kondisi jalan tol. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Kondisi jalan tol.


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 153.985 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-1 libur Isra Miraj, tepatnya pada 10 Maret 2021.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

“Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 24,09 persen jika dibandingkan lalin normal,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam keterangan resminya, Kamis (11/3/2021).

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 72.408 kendaraan menuju arah Timur.

Baca juga: PNS ke Luar Kota Selama Libur Isra Miraj dan Nyepi, Siap-siap Disanksi

Sedangkan 47.460 kendaraan menuju arah Barat. Selanjutnya, 34.027 kendaraan menuju arah Selatan. Adapun rincian distribusi lalin beragam.

Untuk ke Timur, GT Cikampek Utama 1 mencatat jumlah 39.172 kendaraan meninggalkan Jakarta atau naik sebesar 44,86 persen dari lalin normal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, GT Kalihurip Utama 1 dilintasi 33.236 kendaraan yang meninggalkan Jakarta. Angka itu naik 35,96 persen dari lalin normal.

Baca juga: Aturan Baru Naik Kereta Jarak Jauh Khusus Libur Isra Miraj dan Nyepi

“Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 72.408 kendaraan, naik sebesar 40,63 persen dari lalin normal,” imbuh Heru.

Sedangkan lalin meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 47.460 kendaraan, naik 6,62 persen dari lalin normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 34.027 kendaraan. Angka ini naik sebesar 21,45 persen dari lalin normal.

Baca juga: Menaker Imbau Pekerja Tunda Bepergian Ke Luar Kota di Libur Isra Miraj dan Nyepi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.