Disahkan Joe Biden, AS Gelontorkan Rp 26.600 Triliun Stimulus Covid-19

Kompas.com - 12/03/2021, 08:48 WIB
Presiden AS Joe Biden menyampaikan sambutan tentang Covid-19, di Ruang Makan Negara Gedung Putih, Selasa (16/1/2021), di Washington DC. AP PHOTO/EVAN VUCCIPresiden AS Joe Biden menyampaikan sambutan tentang Covid-19, di Ruang Makan Negara Gedung Putih, Selasa (16/1/2021), di Washington DC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden akhirnya menandatangani stimulus senilai 1,9 triliun dollar AS atau setara dengan Rp 26.600 triliun (kurs Rp 14.000) menjadi Undang-Undang.

Beberapa jam setelah penandanganan, Biden mengumumkan bahwa pihaknya mengambil tindakan agresif untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 dan membuat negara bisa pulih pada tanggal 4 Juli 2021.

Mengutip Channel News Asia, Jumat (12/3/2021), Biden berencana membahas UU baru itu dengan pidato utama, yang menegaskan bahwa ada optimisme untuk masa depan.

Baca juga: Telah Disetujui Senat, Masyarakat AS Bakal Dapat Bantuan Rp 20 Juta

Namun, warga juga harus tetap waspada dengan virus Covid-19.

Di AS, ada sekitar 530.000 orang yang telah meninggal akibat Covid-19.

Karantina wilayah (lockdown) pun membuat pekerja kehilangan mata pencaharian.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah menandatangani UU, Biden akan memerintahkan seluruh negara bagian, wilayah, dan suku AS untuk membuat semua orang dewasa memenuhi syarat menerima vaksin Covid-19 paling lambat 1 Mei.

Sejauh ini, baru sekitar 10 persen orang Amerika telah divaksinasi penuh.

Baca juga: China Desak Biden Hapus Kebijakan Tarif Trump

Untuk menyukseskan vaksinasi, Biden akan mengerahkan 4.000 tentara AS tambahan.

"UU bersejarah ini adalah tentang membangun kembali tulang punggung negara dan memberi orang-orang, pekerja dan kelas menengah, orang-orang yang membangun negara, punya kesempatan untuk berjuang," kata Biden.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X