Grab Dikabarkan Bakal Melantai di Wall Street, Valuasinya Akan Tembus Rp 576 Triliun

Kompas.com - 12/03/2021, 11:29 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grab Holdings Inc tengah melakukan pembahasan terkait rencana pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO) melalui merger perusahaan bertujuan khusus (SPAC) di bursa Wall Street Amerikat Serikat.

Dilansir dari The Wall Street Journal, Jumat (12/3/2021), dengan rencana tersebut, valuasi raksasa ride hailing itu akan dapat mencapai 40 miliar dollar AS atau setara Rp 576 triliun (asumsi kurs Rp 14.400 per dollar AS).

Perusahaan asal Singapura itu dikabarkan tengah melakukan pembahasan bersama SPAC yang berafiliasi dengan Altimeter Capital Management LP untuk memuluskan rencana IPO ini.

Baca juga: Gamers Bisa Beli Voucher Game lewat Grab

Meskipun demikian, tidak dirinci SPAC mana yang akan dikuisisi oleh Grab.

Tercatat, saat ini Altimeter telah mendukung dua SPAC, yakni Altimeter Growth Corp dan Atimeter Growth Corp 2.

SPAC adalah perusahaan cangkang yang mengumpulkan dana melalui penawaran umum perdana untuk membuat perusahaan swasta menjadi perusahaan publik.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengakuisisi SPAC, Grab sedang mengumpulkan dana sekitar 3 miliar dollar AS hingga 4 miliar dollar AS, atau setara Rp 43,2 triliun sampai Rp 57,6 triliun. 

Angka tersebut diprediksi masih dapat berubah, seiring dengan pembahasan antara Grab dan Altimeter dengan pendana dan investor lainnya akan segera berlangsung.

Baca juga: Aplikasi Kencan Melantai di Wall Street, Wanita Ini Jadi Miliarder Termuda di Dunia

Sumber yang mengetahui rencana ini menyebutkan, kesepakatan antara pihak yang terlibat akan diumumkan dalam kurun waktu beberapa minggu ke depan.

Namun demikian, pembahasan tersebut juga berpotensi gagal, dimana Grab kemungkinan akan melakukan IPO dengan cara tradisional di bursa saham AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X