Rupiah dan IHSG Menguat di Siang Hari, Asing Borong BMRI, ADRO, dan TLKM

Kompas.com - 12/03/2021, 12:38 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada perdagangan sesi I di Bursa Efek Indonesia (BEI), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat, Jumat (12/3/2021).

Demikian juga dengan rupiah yang berbalik menguat sejak pagi di pasar spot.

Melansir RTI, IHSG pada sesi I menguat 1,2 persen di level 6.341,4 atau naik 76,7 poin.

Baca juga: Pagi Ini Rupiah dan IHSG Kompak Menguat

Total transaksi siang ini mencapai Rp 8 triliun dengan volume 16,4 miliar saham. Net sell asing tercatat Rp 141,03 miliar di seluruh pasar.

Sektor agri siang ini menyumbang kenaikan IHSG sebesar 3,7 persen, dilanjutkan oleh sektor mining 3,2 persen, dan sektor properti 2,5 persen.

Siang ini, asing paling banyak borong saham Bank Mandiri (BMRI) sebesar Rp 143,5 miliar, saham Adaro Energy (ADRO) sebesar Rp 37,1 miliar, dan saham Telkom Indonesia (TLKM) sebesar Rp 36,1 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, saham yang paling banyak dilepas asing antara lain saham Bank BRI (BBRI) sebesar Rp 163, 8 miliar, saham Vale Indonesia (INCO) sebesar Rp 54 miliar, dan saham Astra International (ASII) sebesar Rp 32,9 miliar.

Pemimpin siang ini ditempati oleh Delta Dunia Makmur (DOID) yang meroket 19,4 persen di level Rp 368 per saham, kemudian saham Mahaka Media (ABBA) yang melesat 15,2 persen di level Rp 179 per saham, dan saham Eagle High Plantation (BWPT) yang menguat 15,2 persen di level Rp 136 per saham.

Baca juga: Mau Beli Dollar AS, Cek Dulu Kurs Rupiah Hari Ini

Melansir Bloomberg, rupiah siang ini mengalami penguatan 32 poin atau naik 0,2 persen di level Rp 14.373 per dollar AS dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.404 per dollar AS.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.