SKK Migas Beberkan Progres Alih Kelola Blok Rokan ke Pertamina

Kompas.com - 12/03/2021, 14:28 WIB
Pumping Unit, Duri Field di Blok Rokan. Dok SKK Migas Pumping Unit, Duri Field di Blok Rokan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) ditargetkan akan mulai mengelola blok minyak dan gas (migas) Rokan pada Agustus 2021.

Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jaffe Suardin menjelaskan, progres alih kelola Blok Rokan saat ini yang terkait migrasi data teknis dan operasional telah mencapai 80 persen.

Sedangkan untuk chemical EOR telah mencapai 50 persen, di mana PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) dan PHR terus bekerja sama dalam percepatan data transfer, model conversion, resolve issue surfactant dan reinstatement SFT-2 facility.

Terkait manajemen kontrak, progresnya mencapai 60 persen dengan 236 dari total 393 kontrak eksisting telah selesai dialihkan.

“Pengadaan rig dan material 115 sumur mencapai 100 persen, sedangkan 77 sumur mencapai 10 persen,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/3/2021).

Baca juga: Cuma Hari Ini, Beli Tiket Garuda Diskon Hingga 60 Persen

Terkait ketenagakerjaan, Jaffee menyebutkan, telah rampung 70 persen. Telah tercapai kesepakatan transfer karyawan antara CPI dan PHR.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“PHR juga akan melanjutkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan. Program ini diprioritaskan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat Riau di bidang pendidikan, ekonomi dan pelestarian lingkungan,” tuturnya.

Lebih lanjut, untuk menahan laju penurunan produksi migas di Blok Rokan, dilakukan investasi pengeboran yang sudah dilaksanakan sejak Januari 2021.

Hal tersebut ditandai dengan komitmen kerja pasti Blok Rokan tahun 2021-2026 sebesar 500 juta dollar AS, terdiri dari program eksplorasi sebesar 142,3 juta dollar AS dan program eksploitasi (EOR) sebesar 357,7 juta dollar AS.

Sebagai informasi, Blok Rokan merupakan blok minyak terbesar di Indonesia dengan luas 6.220 kilometer persegi yang terletak di 5 Kabupaten di Riau, yaitu Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hulu dan Rokan Hilir.

Blok ini memiliki 96 lapangan dan tiga lapangan diantaranya berpotensi menghasilkan minyak sangat baik yaitu Duri, Minas, dan Bekasap.

Baca juga: Traveloka Tebar Promo Hingga 50 Persen, Ini Cara Mendapatkannya



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.