Sedang Mengajukan KPR? Begini Cara Sukses Melobi Pihak Bank

Kompas.com - 13/03/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi KPR. iStockIlustrasi KPR.

KOMPAS.com - Angin segar datang lagi. Beli rumah melalui skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bebas uang muka alias DP 0 persen per 1 Maret 2021.

Pembiayaan rumah atau apartemen yang dibeli konsumen, sepenuhnya ditanggung pihak bank. Enak kan, tidak perlu susah payah mengumpulkan duit puluhan juta rupiah untuk DP rumah.

Tetapi tetap saja, bank tidak akan sembarangan mengucurkan kredit tersebut kepada nasabah. Perlu melalui proses seleksi ketat.

Calon nasabah yang memenuhi syarat yang akan mendapatkan fasilitas KPR. Namun demikian, tidak perlu gusar. Bank sebetulnya membuka pintu kepada calon nasabah untuk bernegosiasi.

Anda hanya harus menyiapkan diri. Begini tips negosiasi dengan bank supaya pengajuan KPR Anda tembus, seperti dikutip dari Cermati.com.

Baca juga: Cerita Nasabah BTN yang Dapat Potongan Cicilan KPR, Ada yang Sampai 80 Persen

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Tahap awal melobi bank untuk urusan KPR adalah melakukan pengamatan. Semacam riset kecil-kecilan. Anda dapat mencari informasi mengenai produk KPR dari bank konvensional maupun syariah, kemudian membandingkannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bisa digali lewat internet, pameran properti, datang langsung ke kantor pengembang, atau bertanya pada keluarga dan teman. Riset ini meliputi harga rumah KPR, lokasi, DP atau uang muka, tenor pembayaran, dan lainnya.

Setelah informasi diperoleh, pastinya akan membuat Anda bingung. Kerucutkan lagi, pilih KPR yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

Jika tertarik KPR DP 0 persen, cari tahu kerugiannya juga. Simulasikan agar Anda tahu besaran cicilan yang harus dibayar kelak ketika mengambil KPR DP 0 persen. Jadi jangan asal saja, sebab ini akan berdampak pada keuangan Anda ke depan.

Jangan sampai cicilan KPR nantinya akan membebani keuangan. Apalagi bila sampai cicilan KPR melebihi 30 persen dari gaji Anda sebulan. Bisa bahaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.