[KURASI KOMPASIANA] Perjalanan Seni, Budaya, dan Sejarah Makanan | Kefir "Superfood" yang Dirahasiakan | Baguette, Simbol Negeri Prancis

Kompas.com - 13/03/2021, 17:34 WIB
Ilustrasi Baguette. shutterstock.com/alexpro9500Ilustrasi Baguette.

KOMPASIANA---Bicara tentang dunia kuliner tentu tak terbatas hanya pada makanan yang membuat kenyang. Namun lebih dari itu.

Sejarah dan unsur budaya yang terdapat pada resep suatu makanan termasuk juga cara memasaknya menjadi hal yang juga menarik untuk dikulik.

Di beberapa negara, cerita tentang makanan khas dan sejarah di balik pembuatannya bahkan menjadi salah satu daya tarik wisata dan alat diplomasi.

Hadirnya diplomasi gastronomi menjadi bukti bahwa makanan nyatanya mampu menjadi alat mempromosikan kekayaan dan keunikan budaya sebuah negara, serta mendatangkan keuntungan secara ekonomi.

Berikut 4 konten menarik dan populer di Kompasiana mengenai perjalanan sejarah dan tradisi makanan serta makanan khas dari beberapa negara yang patut dicoba:

1. Ketika Makanan adalah Soal Seni, Skill, Sejarah, dan Budaya

Siapa yang pernah memikirkan bahwa di balik sepiring atau semangkuk makanan yang kita makan itu lahir dari kisah sejarah yang panjang dan juga perjuangan para pakar kuliner yang senantiasa menjaga tradisi?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ya, kuliner bukan sekadar masak dan makan, namun juga soal seni, skill, sejarah, dan budaya.

Dalam artikelnya, Kompasianer Elly Suryani mengangkat cerita tentang Musa Dagdeviren, seorang antropolog kuliner asal Turki, dan chef asal Thailand Bo Songvisava yang berjuang untuk menjaga dan melestarikan tradisi serta resep otentik makanan dari negara mereka masing-masing.

Kisah inspiratif dari dua pakar kuliner tersebut menjadi penegasan bahwa hasrat akan cita rasa, kemurnian atau otentik, cerita peradaban, dan pengembaraan kuliner berlabuh dalam perjalanan seni, budaya, dan sejarahnya. (Baca Selengkapnya)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X