[TREN HUAMANIORA KOMPASIANA] Menyepi, Merenung dan Mengevaluasi Diri! | Nilai Siswa Menurun Selama PJJ, Guru yang Disalahkan?

Kompas.com - 13/03/2021, 19:32 WIB
Suasana jalan protokol saat pelaksanaan Hari Raya Nyepi Caka 1942 di Gianyar, Bali, Rabu (25/3/2020). Pelaksanaan Nyepi tahun 2020 di Bali, selain untuk pelaksanaan Catur Beratha Penyepian atau empat pantangan bagi Umat Hindu juga ditargetkan dapat memutus penyebaran wabah COVID-19. (ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANA)Suasana jalan protokol saat pelaksanaan Hari Raya Nyepi Caka 1942 di Gianyar, Bali, Rabu (25/3/2020). Pelaksanaan Nyepi tahun 2020 di Bali, selain untuk pelaksanaan Catur Beratha Penyepian atau empat pantangan bagi Umat Hindu juga ditargetkan dapat memutus penyebaran wabah COVID-19.

KOMPASIANA---Perayaan Hari Raya Nyepi 2021 atau Tahun Baru Saka 1943 pada Minggu (14/3/2021).

Hari Nyepi inilah yang menjadi momentum sangat baik untuk merenung dan mengevaluasi diri di tengah suasana sepi dan hening.

Sehari sebelum Nyepi, adalah hari pengerupukan. Pada hari pengerupukan tilem kesanga kalender Bali ini biasanya dilengkapi pula dengan pawai ogoh-ogoh.

Karena Covid-19, pawai ogoh-ogoh tahun ini terpaksa ditiadakan, sebagaimana pada tahun sebelumnya.

Dengan upacara pengerupukan itu diharapkan pelaksanaan penyepian berjalan lancar tanpa hambatan. Bisa berlangsung hening, tenang, dan penuh kedamaian.

Selain mengenai perayaah Hari Raya Nyepi tahun ini, masih ada konten lainnya seperti PJJ dan jejak kuno aksara di nusantara.

Berikut 4 konten menarik dan populer kategori Humaniora di Kompasiana:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Nyepi, Saatnya Merenung dan Mengevaluasi Diri!

Umat Hindu di Bali mengikuti Hari Raya Nyepi dengan melakukan apa yang disebut dengan Catur Brata Penyepian.

Kompasianer I Ketut Suweca mengatakan, Catur Brata Penyepian meliputi empat larangan atau pantangan, yaitu amati lelanguan, amati geni, lelungaan, dan amati karya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.