Kompas.com - 15/03/2021, 13:13 WIB
Ilustrasi impor SHUTTERSTOCKIlustrasi impor

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mencatatkan penurunan ekspor nonmigas ke Myanmar pada bulan Februari 2020 sebesar 52,8 juta dollar AS

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, penurunan nilai ekspor tersebut tidak terlepas dari konflik yang terjadi di negara tersebut.

Seperti yang diketahui, terjadi konflik perebutan kekuasaan atau kudeta yang dilakukan pihak militer terhadap pemerintahan Myanmar.

Baca juga: Kedua Kalinya di Awal 2021, Neraca Dagang RI Surplus

Hal tersebut telah menyebabkan ketegangan di negara tersebut.

"Bila melihat apa yang terjadi di Myanmar sekarang, bisa dihapami kalau ekspor ke Myanmar mengalami penurunan," jelas Suhariyanto ketika memberikan keterangan pers secara virtual, Senin (15/3/2021).

Selain ke Myanmar, Indonesia juga mencatatkan penurunan ekpor ke beberapa negara lain, yakni ke India sebesar 178 miliar dollar AS, ke China 96,2 miliar dollar AS, Spanyol sebesar 75,5 miliar dollar AS, dan Singapura 49,7 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk India, selain lemak dan minyak hewan atau nabati, juga ada penurunan ekspor besi baja dan bahan bakar mineral," jelas Suhariyanto.

Sementara itu, Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekspor seperti ke Taiwan, yakni sebesar 217,4 juta dollar AS dan Amerika Serikat 186,7 juta dollar AS.

Baca juga: Produksi Surplus Bikin Harga Ayam Tidak Stabil

Selain itu juga ke Swiss sebesar 37,5 juta dollar AS, Belanda 37 juta dollar AS, dan Turki 36,8 juta dollar AS.

Suhariyanto menjelaskan, pada Februari 2021 ini pangsa ekspor nonmigas Indonesia masih tidak berubah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.