RI Akan Datangkan 20,2 Juta Dosis Vaksin untuk Vaksinasi Gotong Royong

Kompas.com - 15/03/2021, 13:54 WIB
Ilustrasi vaksinasi pada lansia SHUTTERSTOCK/BaLL LunLaIlustrasi vaksinasi pada lansia

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, pihaknya telah mendapatkan komitmen sebesar 20,2 juta vaksin dari produsen untuk program vaksinasi gotong royong.

Kedua produsen yang telah didapatkan komitmennya yakni Sinopharm dari China dan Moderna dari Amerika Serikat.

“Kami sudah meminta untuk komitmen dari Sinopharm itu 15 juta dosis itu mulai dari akhir Maret ini ataupun sampai akhir Kuartal II 2021 sebanyak 15 juta dosis,” ujar Honesti saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (15/3/2021).

Baca juga: Menkes: 11,7 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Gratis Masuk ke Indonesia Hingga Mei 2021

Honesti menambahkan, jika vaksin iti masih dirasa kurang, Sinopharm juga telah berkomitmen akan mengirimkan lagi 15 juta vaksin tambahan ke Indonesia.

“Dalam hal ini proses registrasi akan dilakukan anak perusahaan kami, Kimia Farma dan kita dalam proses rolling submission ke Badan POM untuk mendapatkan emergency use Authoritation-nya,” kata Honesti.

Selain dari Sinopharm, lanjut Honesti, Holding BUMN Farmasi juga telah mendapat komitmen dari Moderna untuk memasok vaksin Covid-19 ke Tanah Air. Moderna bersedia mengirim 5,2 juta dosis vaksin ke RI.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tapi kemungkinannya (Moderna) baru akan bisa dikirim awal Kuartal III tahun ini,” ungkapnya.

Baca juga: Pilot hingga Driver Ojol Akan Jalani Vaksinasi Covid-19 Pekan Depan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X