Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengelola Bisnis secara Online Dinilai Akan Bertahan Pasca-pandemi

Kompas.com - 15/03/2021, 16:22 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Co-Founder & Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan, selama setahun pandemi Covid-19, terjadi berbagai perubahan aktivitas masyarakat.

Ia menilai, berbagai kebiasaan baru yang terbentuk selama pandemi Covid-19 bisa terus dilakukan pasca pandemi Covid-19. Termasuk dalam hal mengelola bisnis.

"Hal-hal baik yang bisa dipertahankan dari aktivitas dampak pandemi contohnya yaitu melakukan aktivitas bisnis secara online. Dengan adanya video conference, seminar online, tidak mengharuskan kita mengelola bisnis secara tatap muka, tapi cukup dari daring semua bisa," ujarnya dalam peluncuran East Ventures Digital Competitiveness Index 2021 oleh Katadata Insight Center yang disiarkan secara virtual, Senin (15/3/2021).

Baca juga: Mengenal Cadangan Devisa: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Selain itu, remote working atau bekerja jarak jauh juga dinilai akan terus diterapkan perusahaan. Meski awalnya banyak yang ragu, remote working dinilai terbukti bisa efektif diterapkan akibat pandemi Covid-19.

Willson mengatakan, pandemi Covid-19 juga bisa dipakai sebagai momen untuk mengevaluasi sistem perusahaan.

Sebab, kata dia, ketika semua hal dilakukan dari online, sistem sangat memiliki peran penting.

"Jadi bagi perusahaan yang tidak memiliki sistem atau software, itu akan kalang kabut. Karena ketika semua mengerjakannya secara manual di rumah tidak akan terjadi koordinasi yang baik. Moment ini bisa dipakai untuk mengetahui apakah corporate kita memiliki sistem yang bagus atau terintegrasi dengan software atau tidak," ucap dia.

Baca juga: Sri Mulyani Usul Revisi Aturan PPnBM Mobil Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com