Tahun Ini, Bank Mandiri Bagikan Dividen Rp 10,27 Triliun

Kompas.com - 15/03/2021, 17:59 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Shutterstock) Ilustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bakal membagikan dividen kepada para pemegang saham sebesar Rp 10,27 triliun atau sekitar 60 persen dari laba bersih 2020.

Hal tersebut telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri hari ini, Senin (15/3/2021).

"Yang sudah disetujui untuk dibayarkan menjadi dividen adalah 60 persen dari total laba bersih, akan dibagikan kepada pemegang saham yang tercatat dalam administrasi yang berhak," kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (15/3/2021).

Baca juga: BTN Tidak Bagi Dividen Laba 2020, Ini Alasannya

Darmawan menuturkan, harga per share adalah Rp 220 per lembar saham. Dengan memperhitungkan komposisi saham "merah putih" sebesar 60 persen, maka Bank Mandiri akan menyetorkan dividen sekitar Rp 6,16 triliun ke kas Negara.

Adapun 40 persen sisanya akan menjadi laba ditahan.

Dia menyebut, laba ditahan akan dioptimalkan untuk transformasi bisnis digital perseroan, termasuk digital banking perseroan yang saat ini sudah dikembangkan dari Mandiri Online menjadi Livin' by Mandiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Livin' by Mandiri akan dikembangkan menjadi super apps untuk akses layanan keuangan lengkap. Secara jangka panjang kita ingin lihat efisiensi dari berhasilnya Livin' by Mandiri ini," tutur Darmawan.

Menurut Darmawan, pihaknya cukup optimis dengan ekspansi digital yang tengah dijalankan karena akan mendukung implementasi fungsi intermediasi Bank Mandiri yang menjadi core bisnis perseroan.

Untuk itu besaran dividen dinilai sangat in line dengan komitmen managemen yang ingin berkontibusi secara optimal kepada negara serta keinginan untuk menjadi mitra finansial nasabah.

"Hal ini juga mengindikasikan dukungan yang kuat dari pemegang saham kepada management untuk mengakselerasi rencana ekspansi digital banking perseroan,” pungkasnya.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X