Harga Cabai Melonjak, Ini Penjelasan Mendag Lutfi

Kompas.com - 16/03/2021, 05:05 WIB
Harga cabai di Kota Salatiga mencapai Rp 120.000 per kilogram. KOMPAS.con/Dian Ade PermanaHarga cabai di Kota Salatiga mencapai Rp 120.000 per kilogram.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjelaskan penyebab melonjaknya harga cabai dalam beberapa waktu terakhir. Menurut dia, kenaikan harga cabai lantaran kerusakan panen di beberapa wilayah.

"Saya ingin beri laporan sedikit bahwa di Tuban, Kediri dan Blitar terjadi kerusakan panen antara kurang lebih 40 persen. Tetapi di Wajo Sulawesi Selatan terjadi kerusakan kurang lebih 70 persen. Jadi karena itu, harga cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawait merah terjadi kenaikan harga yang stabil tapi tinggi," ujar Lutfi dalam konferensi pers, Senin (15/3).

Berdasarkan data sistem pemantauan pasar kebutuhan pokok (SP2KP) Kemendag, pada 12 Maret 2020, harga cabai rawit merah sekitar Rp 96.247 per kg naik 22,48 persen dibandingkan 11 Februari yang sebesar Rp 74.607 per kg.

Baca juga: Harga Cabai Meroket, Ikatan Pedagang Pasar Sentil Pemerintah

Sementara, cabai merah keriting sebesar Rp 47.731 per kg naik 1,22 persen dari 11 Februari, sementara acabai merah besar sekitar Rp 44.472 per kg uturn 4,28 persen dibandingkan 11 Februari.

Meski begitu, Lutfi mengatakan bahwa harga cabai saat ini menunjukkan penurunan dalam beberapa hari terakhir.

Bila dibandingkan dengan 10 Maret 2021, harga cabai rawit merah menurun 0,49 persen, harga cabai merah keriting turun 1,55 persen sementara cabai merah besar meningkat 0,02 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Keluhan Emak-emak: Beli Cabai Rp 10.000, Isi hanya 7-10 Biji...

Menurut dia, penurunan harga ini disebabkan mulainya masa panen di beberapa daerah, seperti di Jawa Timur, Blitar, Kediri, Malang, Jawa Barat, Jawa Tengah dan lainnya.

"Artinya tren penurunan antara 10 Maret dan 12 Maret ini akan terus menjadi penurunan. Yang saya takutkan, bahkan ketika kita menghadapi bulan puasa dan Lebaran, malah terjadi panen raya besar dan [harga] akan di bawah standar yang sudah kita tentukan," jelasnya. (Lidya Yuniartha)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Ini penjelasan Mendag M Lutfi soal melonjaknya harga cabai



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X