Produk Mamin Indonesia Raup Rp 173 Miliar dari Pameran di Jepang

Kompas.com - 16/03/2021, 13:58 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat memberikan pengarahan pada Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3/2021). Dok. KemendagMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat memberikan pengarahan pada Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia berhasil meraup transaksi dagang mencapai 12 juta dollar AS atau Rp 173,11 miliar dalam pameran The 46th International Food and Beverage Exhibition (Foodex 2021).

Pameran yang berlangsung di Chiba, Jepang sepanjang 9-12 Maret 2021 itu, menjadi ajang untuk mencari produk mamin baru bagi buyer Jepang dan internasional.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kasan mengatakan, transaksi dagang itu merupakan kontribusi dari produk ayam karage beku dan durian palu beku kemasan sebesar 9 juta dollar AS.

Baca juga: Indonesia Bidik Perluasan Pasar Produk Makanan dan Minuman di Jepang

"Serta dari produk camilan, saos sambal, dan bumbu-bumbu yang mendapatkan order hingga 3 juta dollar AS," ujar Kasan dalam keterangan tertulis, Selasa (16/3/2021).

Kasan menjelaskan, Jepang saat ini masih dalam status state of emergency (SOE).

Kondisi itulah yang membuat kebiasaan masyarakat bergeser ke mengonsumsi mamin yang praktis atau sekali pakai hingga makanan beku dalam kemasan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kondisi geografis yang rawan bencana, demografi yang mulai menua, serta mayoritas wanita Jepang yang juga turut aktif sebagai pekerja kantoran, membuat makanan beku menjadi tren dan semakin digemari di Negeri Sakura.

"Mamin yang praktis hingga makanan beku dalam kemasan menjadi primadona pada Foodex tahun ini," kata Kasan.

Baca juga: Mengintip Tren Bisnis Makanan serta Barang dan Jasa yang Akan Menggeliat di 2021

Foodex 2021 yang diselenggarakan di pusat pertemuan Makuharie Messe ini dihadiri lebih dari 26.000 pengunjung dari kalangan buyers, tradings, retailers, hingga produsen mamin di wilayah Jepang dan sekitarnya.

Pameran diikuti lebih dari 40 negara, termasuk Indonesia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.