Jika Punya NPWP Elektronik, Apakah Masih Perlu Kartu Fisik?

Kompas.com - 16/03/2021, 15:54 WIB
ILustrasi NPWP indonesia.go.idILustrasi NPWP

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, wajib pajak bisa menggunakan fasilitas Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) elektronik yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan.

Untuk bisa mendapatkan NPWP elektronik, wajib pajak terlebih dahulu harus mendaftarkan akun di website resmi DJP, www.ereg.pajak.go.id.

WP akan diminta untuk mendaftar dan mengisi data seperti nama, email, passoword, dan sebagainya.

Baca juga: Syarat dan Cara Membuat NPWP

Bila seluruh proses tersebut sudah dilakukan, pendaftar akan menerima e-mail dan mengikuti proses pendaftaran yang sudah ditautkan dalam e-mail tersebut.

Kepala Subbagian Tata Usaha Direktorat P2Humas DJP Rahmat Sampurno mengatakan, NPWP elektronik bisa dimanfaatkan bila pihak yang membutuhkan sudah bisa menerima dan percaya dengan NPWP elektronik tersebut.

"Ini bukan berarti menutup kemungkinan fisik tidak diperlukan. Karena saat ini berlaku dua hal, kemudahan dengan mencetak sendiri, dengan menu di DJP online, maka file digital akan dikirim ke email. Itu bisa ditunjukkan secara digital, atau cetak sendiri," ujar Rahmar dalam kelas pajak secara virutal, Selasa (16/3/2021).

"Tetapi kalau tidak yakin, bisa datang ke kantor pajak atau mencetak ulang seperti yang selama ini berlaku," jelas dia.

Baca juga: Kontribusi Pajak TelkomGroup Tahun 2020 Tumbuh 3,24 Persen, Ditjen Pajak Berikan Apresiasi

Untuk diketahui, di laman resmi Ditjen Pajak dijelaskan, NPWP elektronik dijadikan sebagai perangkat alternatif yang bisa dimiliki oleh wajib pajak, sebagai pelengkap kartu NPWP yang sudah dimiliki.

Hal ini juga untuk menghindari kartu fisik mudah rusak akibat tergores atau patah atau bahkan hilang.

“Karena sifat NPWP elektronik ini hanya sebagai layanan tambahan, maka kartu fisik NPWP masih menjadi alat utama bagi wajib pajak saat memanfaatkan layanan perpajakan dari Ditjen Pajak,” tulis keterangan tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X