Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah dan IHSG Melemah di Sesi I, Asing Borong TINS, TLKM, dan BBKP

Kompas.com - 17/03/2021, 12:14 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada perdagangan sesi I, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) melemah, Rabu (17/3/2021). Demikian juga rupiah terus melemah di pasar spot.

Melansir RTI, pada tengah sesi IHSG ditutup turun 0,35 persen di level 6.287,68. Hingga siang ini total transaksi Rp 6,3 triliun dengan volume 11,7 miliar saham. Net sell asing mencapai Rp 47,4 miliar.

Sektor agri menyumbang pelemahan IHSG sebesar 1,4 persen, disusul oleh sektor finance 1 persen, dan mining 0,2 persen.

Baca juga: IHSG Menguat Tipis Rabu Pagi, Rupiah Justru Melemah

Asing catatkan net sell tertinggi siang ini pada saham Bank BRI (BBRI) sebesar Rp 85,9 miliar. Kemudian, saham Bank BCA (BBCA) sebesar Rp 75,3 miliar, dan saham Vale Indonesia (INCO) sebesar Rp 31,1 miliar.

Sementara itu, aksi beli bersih terbesar oleh asing siang ini ditempati oleh PT Timah (TINS) sebesar Rp 53,4 miliar. Kemudian, Telkom Indonesia (TLKM) sebesar Rp 44,4 miliar, dan saham Bank KB Bukopin (BBKP) sebesar Rp 23,7 miliar.

Losers siang ini antara lain Bank Capital Indonesia (BACA) dengan penurunan 6,9 persen di level Rp 675 per saham. Saham Sunindo Adipersada (TOYS) persen di level Rp 378 per saham.

Selanjutnya, saham Menteng Herritage Reality (HRME) yang terkoreksi 5,9 persen di level Rp 63 per saham.

Rupiah siang ini berada pada level Rp 14.455 per dollar AS berdasarkan Bloomberg pukul 11.32 WIB. Posisi ini melemah 45 poin (0,31 persen) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 14.410 per dollar AS.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com