KILAS

Berkat Program Ekspor di E-commerce, UMKM Busana Muslim Ini Mampu Bangkit di Tengah Pandemi

Kompas.com - 17/03/2021, 16:08 WIB
Toko Jilbabkhu sedang mengemas pesanan pembeli dari Shopee DOK. Humas ShopeePayToko Jilbabkhu sedang mengemas pesanan pembeli dari Shopee

KOMPAS.com – Perjuangan dalam mempertahankan bisnis di tengah pandemi Covid-19 memang bukan perkara mudah. Hal ini dirasakan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Salah satu pelaku UMKM yang mengalami hal itu adalah Eka, pemilik toko fashion atau busana muslim "Jilbabkhu" asal Jawa Barat (Jabar).

“Awalnya saya pikir memulai usaha itu sudah upaya yang paling sulit dan menantang di hidup. Ternyata mempertahankan eksistensi bisnis apalagi di tengah pandemi lebih menantang lagi,” ucap Eka dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Selasa (16/3/2021).

Untuk menaikkelaskan bisnisnya di tengah hantaman pandemi, Eka berpartisipasi dalam kampanye spesial dan program ekspor dari Shopee.

Baca juga: UMKM Mau Ikut Program Ekspor Shopee? Simak Caranya

“Setelah berbulan-bulan menerima pesanan yang tidak menentu, saya mengikuti kampanye 12.12 Shopee Birthday Sale serta program ekspor ke Malaysia dan Singapura,” ujarnya.

Berkat program kampanye dan ekspor Shopee, lanjut Eka, bisnis Jilbabkhu bisa bangkit kembali. Ia bahkan menerima peningkatan penjualan hingga 80 persen setelah mengikuti program ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai catatan, Jilbabkhu mulai bergabung sebagai penjual Shopee pada 2018. Toko ini mulai aktif melakukan ekspor ke luar negeri sejak awal 2020.

Kini, Eka pun mengaku telah memahami cara kerja dan strategi yang tepat untuk berjualan produk fashion muslim, sehingga tidak merasa khawatir lagi dengan kompetisi harga di e-commerce.

Baca juga: UMKM Dapat Insentif PPh Final Ditanggung Pemerintah, Bagaimana Cara Lapor Pajaknya?

Ia juga merasa percaya diri untuk memperluas jangkauan pemasaran lewat ekspor dengan harga jual yang lebih kompetitif.

Hal tersebut terbukti dari penjualan toko Jilbabkhu yang mulai meroket, baik di pasar lokal maupun internasional.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.