Kompas.com - 17/03/2021, 16:24 WIB
Ilustrasi IHSG di Bursa Efek Indonesia KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi IHSG di Bursa Efek Indonesia


KOMPAS.com - Kita sering mendengar kabar sebuah perusahaan sedang bagi-bagi dividen. Pembagian dividen memang salah satu daya tarik investor membeli saham.

Karena itu, dividen perusahaan kerap dinantikan pembagiannya oleh para investor. Lantas apa itu dividen dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak ulasan berikut.

Pengertian dividen

Dirangkum dari Kontan.co.id, dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan pada periode tertentu kepada pemegang saham. Keputusan pembagian dividen ditetapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dengan persetujuan direksi.

Jumlah dividen yang diterima pemegang saham tergantung pada jumlah saham yang dimilikinya. Dividen pada umumnya dibagikan setahun sekali.

Namun, ada kalanya perusahaan tidak membagikan dividen, lantaran dana diinvenstasikan untuk modal kerja atau biasa disebut laba ditahan. Perusahaan juga tidak membagikan dividen jika di akhir periode justru merugi.

Baca juga: Apa Itu Inflasi? Ini Definisi, Penyebab, dan Dampaknya ke Masyarakat

Porsi pembagian dividen

Porsi dividen yang dibagikan dari laba tahunan (pay out ratio) ditentukan dalam RUPS.

Perusahaan tidak membagikan semua laba sebagai dividen, sebab wajib menyisihkan laba sebagai cadangan dan modal kerja tambahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara teori, pay out ratio dividen = (Laba setelah pajak + Penyusutan) - Investasi aktiva tetap - Penambahan modal kerja.

Perusahaan biasanya mengumumkan jumlah dividen yang dibagikan kepada pemegang saham maupun dividen per saham (DPS). Jika perusahaan tidak merinci dividen per saham (DPS), maka dapat dihitung dengan cara berikut: DPS = Jumlah dividen yang dibagikan/Jumlah saham yang dimiliki seluruh investor.

Misalnya, perusahaan ABC memiliki total saham beredar sebanyak 1 miliar saham. Perseroan membagikan dividen dengan pay out ratio 30 persen dari laba tahun ini sebesar Rp 1 triliun.

Maka jumlah dividen tahun ini yang dibagikan mencapai Rp 300 miliar. Sedangkan, dividen per saham (DPS) = Rp 300 miliar/1miliar saham = Rp 300 per saham.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.