Jokowi Minta PPnBM Fortuner dkk Digratiskan, Sudah Tepatkah?

Kompas.com - 17/03/2021, 16:36 WIB
Review Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harian Kompas.com / Setyo AdiReview Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harian

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana memperluas cakupan insentif Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan dengan isi silinder hingga 2.500 cc.

Dengan demikian, pembelian mobil jenis Innova, Fortuner, atau Pajero berpeluang mendapatkan diskon PPnBM dari pemerintah.

Sebelumnya, kebijakan serupa hanya berlaku untuk kendaraan dengan isi silinder maksimal 1.500 cc.

Baca juga: Apa Itu PPnBM: Definisi, Tarif, Perhitungan, dan Contohnya

Direktur Riset Centre of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah mengatakan, kebijakan tersebut bakal mendapat sambutan yang lebih luas oleh pasar. Pasalnya, masyarakat menengah atas, yang menjadi sasaran dari kebijakan ini memiliki peluang yang lebih besar untuk melakukan belanja.

"Saya kira perluasan ini akan lebih direspons oleh pasar. Masyarakat menengah atas masih punya daya beli dan saya kira akan lebih berpeluang memanfaatkan momentum belanja," ujar dia ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Namun demikian, rencana kebijakan ini hanya berlaku untuk mobil dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 70 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Piter menilai, dengan demikian, dampak dari kebijakan tersebut masih akan sangat terbatas.

"Karena pilihannya akan terbatas, dan oleh karena itu dampaknya ke konsumsi kelas menengah atas saya kira juga belum akan maksimal," ujar dia.

"Kendaraan mewah yang memiliki TKDN di atas 70 persen saya kira masih sedikit," jelas Piter.

Untuk diketahui, saat ini kebijakan diskon PPnBM hanya berlaku untuk kendaraan jenis sedan dan 4x2 bermesin silinder hingga 1.500 cc.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, perluasan kebijakan tersebut atas arahan Presiden Joko Widodo.

"Jadi memang saat ini (yang berlaku) 1.500 cc, arahan dari Presiden untuk menyampaikan kalau dilihat memang bisa di atas 1.500 cc asalkan TKDN-nya 70 persen itu mungkin bisa jadi pertimbangan," ujar Sri Mulyani.

Baca juga: Menperin Kaji Diskon PPnBM Nol Persen untuk Mobil 2.500 cc

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.