KILAS

Lewat Program Ekspor E-commerce, UMKM Ini Mampu Manfaatkan Potensi Besar Industri Fesyen Muslim

Kompas.com - 17/03/2021, 19:25 WIB
Koleksi kerudung yang dijual Jilbabkhu di marketplace Shopee. DOK. Humas PT Shopee International IndonesiaKoleksi kerudung yang dijual Jilbabkhu di marketplace Shopee.

KOMPAS.com – Industri fesyen muslim Tanah Air memang selalu menarik untuk diikuti. Selain terus berkembang, industri di lini ini berpotensi besar untuk berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

Terlebih setelah munculnya fenomena halal lifestyle, produsen-produsen bisa terus memproduksi berbagai item fesyen untuk pasar Indonesia dan luar negeri.

Berdasarkan data dari The State Global Economy 2018, konsumsi fesyen muslim dunia saat ini mencapai 270 miliar dollar Amerika Serikat (AS). Angka ini diproyeksikan terus meningkat seiring dengan laju pertumbuhan sebesar lima persen per tahun.

Dengan pengingkatan angka tersebut, industri fesyen muslim dunia diperkirakan bakal menyentuh angka 361 miliar dollar AS pada 2023 mendatang.

Baca juga: Bank Mandiri Gandeng Shopee dan Visa Luncurkan Mandiri Kartu Kredit Shopee, Apa Manfaatnya?

Untuk konsumsi di Indonesia, angkanya tak kalah bombastis. Pada 2018, konsumsi Indonesia akan industri ini berada di angka 20 miliar dollar AS dengan laju pertumbuhan sebesar 18,2 persen per tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angka itu menjadikan konsumsi fesyen Indonesia berada di posisi kedua dunia, tepat di bawah Uni Emirat Arab (UEA).

Potensi besar tersebut dimanfaatkan baik oleh Eka, pemilik toko fesyen busana muslim “Jilbabkhu” asal Jawa Barat (Jabar). Eka memilih Shopee sebagai platform marketplace untuk memasarkan produk-produk miliknya.

Program ekspor Shopee, misalnya, sangat membantu Eka memasarkan produknya hingga ke Malaysia dan Singapura. Selain itu, kampanye 12.12 Shopee Birthday Sale juga sangat membantu meningkatkan penjualannya.

Baca juga: Shopee Buka 7 Lowongan Kerja Penempatan Yogyakarta dan Jakarta

Sebagai catatan, Jilbabkhu mulai bergabung dengan Shopee pada 2018. Bisnis ini mulai aktif melakukan ekspor ke luar negeri sejak awal 2020.

Awalnya, bisnis tersebut dijalankan Eka bersama keluarga. Seiring berjalannya waktu, bisnisnya pun berkembang. Sekarang ia bahkan mampu merekrut para penjahit sebagai karyawan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.