Tahun ini Gelora Bung Karno Akan Terpasang PLTS Berkapasitas 1,2 MW

Kompas.com - 18/03/2021, 05:10 WIB
Ilustrasi panel surya. SHUTTERSTOCK/FOXBATIlustrasi panel surya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Power & NRE akan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dalam nota kesepahaman yang telah ditandatangani, Pertamina akan membangun PLTS berkapasitas 1,2 megawatt (MW). Rencananya, pembangunan PLTS akan rampung pada tahun ini.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, rencana pengembangan PLTS di GBK itu sejalan dengan visi pemerintah, yakni mengembangkan porsi bauran energi baru terbarukan (EBT) terhadap bauran energi nasional.

Baca juga: Pemerintah Dapat Pembiayaan 15,5 Juta Dollar AS dari Korea Bangun PLTS di Wilayah Terpencil

“Kita berupaya keras untuk semakin go green dan memanfaatkan tanah negara sepenuhnya untuk publik,” katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (18/3/2021).

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk turut aktif meningkatkan porsi bauran EBT.

Hal tersebut terefleksikan dengan rencana Pertamina untuk menggunakan panel surya di 6.000 SPBU serta terminal elpiji dan BBM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Risiko Pembiayaan PLTS Lebih Rendah Dibanding Pembangkit Listrik Energi Fosil

“Ini potensi terbesar, selain meningkatkan realisasi program renewable energy juga dapat meningkatkan nilai ekonomis serta ikut mendukung upaya pengembangan bisnis energi yang berkelanjutan,” ucap dia.

Dalam pengembangan PLTS di GBK, Pertamina akan mulai melaksanakannya dari persiapan studi kelayakan teknis meliputi jenis panel surya yang relevan, kekuatan struktur bangunan eksisting, sistem kelistrikan, keamanan publik dan studi terkait lainnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X