Wamen BUMN Pastikan Tak Ada Pengurangan Pegawai karena Pembentukan Holding Ultramikro

Kompas.com - 18/03/2021, 12:16 WIB
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAWakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo memastikan pembentukan Holding BUMN Ultramikro tak akan berpengaruh terhadap para karyawan di PT BRI, PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Hal tersebut dikemukakan pria yang akrab disapa Tiko itu untuk meluruskan isu yang merebak mengenai adanya pengurangan pegawai jika nantinya Holding BUMN Ultramikro jadi dibentuk.

“Kami memahami banyak masukan dari Pegadaian, PNM mengenai kekhawatiran pegawai. Kami meyakinkan sekali lagi bahwa tidak ada pengaruh ke pegawaian pada Pegadaian dan PNM. Tidak ada pengurangan pegawai, tidak ada pengurangan benefit,” ujar Tiko saat rapat bersama Komisi VI DPR RI, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: DPR Sebut Holding Ultra Mikro Bisa Bebaskan Masyarakat dari Rentenir

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu menambahkan, dengan adanya penggabungan ini justru akan menimbulkan efisiensi pada biaya operasional masing-masing perusahaan.

Misalnya, jika Pegadaian ingin membuka cabang baru di suatu daerah, maka mereka bisa menumpang di cabang-cabang milik BRI.

Dengan begitu, biaya penyewaan gedung baru bisa diefisiensi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bahkan kami meyakini dengan efisiensi dari cost of fund dan cost of reserve tadi, kita bisa pass on itu sebagai kenaikan benefit buat PNM dan Pegadaian,” kata dia.

Dengan adanya penghematan biaya operasional tersebut, ke depannya Tiko meyakini laba Pegadaian dan PNM akan semakin meningkat.

Baca juga: Erick Thohir: Holding BUMN Ultramikro Terbentuk di Kuartal III Tahun Ini

Hal tersebut malah akan berimplikasi ke kesejahteraan karyawannya.

“Pegadaian dan PNM dapat menikmati kenaikan laba yang akan di-pass on juga pada benefit karyawan. Jadi ini akan terus kami komunikasikan, dan di awal memang masih banyak keraguan di pegawai, tapi akan kami terus yakinkan pegawai bahwa holding ini bukan hanya benefit pada bisnis, tapi juga benefit untuk para karyawan ke depan,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.