Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 20 Maret, Tarif Tes GeNose di Stasiun Naik Jadi Rp 30.000

Kompas.com - 18/03/2021, 14:38 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan melakukan penyesuaian tarif tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di seluruh stasiun yang telah memiliki layanan tersebut.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, setelah 1 bulan lebih diterapkan tarif khusus atau pre-launching sebesar Rp 20.000, mulai Sabtu (20/3/2021), tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun akan dinaikan menjadi Rp 30.000.

“KAI akan semakin meningkatkan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan secara bertahap menambah lokasi pemeriksaan GeNose C19,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Syarat Terbaru Naik Kereta dan Daftar Layanan GeNose C19 di Stasiun

Selaras dengan penyesuaian harga itu, KAI juga akan melakukan integrasi hasil pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan ticketing system KAI, sehingga hasil pemeriksaan GeNose C19 pelanggan tersebut akan otomatis muncul pada layar boarding petugas.

“Saat ini fitur tersebut sedang dalam tahap finalisasi,” kata Joni.

Selain itu, pada 20 Maret 2021, KAI juga akan menambah 9 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19.

Joni menyebutkan, 6 stasiun di antaranya merupakan kerja sama antara KAI dan Farmalab, anak perusahaan Indofarma, yaitu Stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, dan Lempuyangan.

Adapun 3 stasiun lainnya adalah kerja sama antara KAI dan Rajawali Nusindo yaitu Stasiun Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.

Dengan adanya penambahan ini, total stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 23 stasiun.

“Penyediaan pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan komitmen KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021 dan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021," ucap Joni.

Baca juga: Layanan Tes GeNose Tersedia di Bandara mulai 1 April 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com