Pertama Kali Keluar Jakarta sejak Pandemi, Sri Mulyani Luncurkan Batam Logistik Ecosystem

Kompas.com - 18/03/2021, 15:12 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku pertama kali pergi keluar Jakarta sejak pandemi Covid-19 untuk mendatangi acara peluncuran Batam Logistic Ecosystem, Kamis (18/3/2021).

Sri Mulyani menyebutkan, peluncuran ekosistem logistik tersebut merupakan agenda yang sangat penting. Sebab, perbaikan sistem logisitik di Indonesia merupakan bagian dari proses reformasi ekonomi yang sedang dilakukan oleh pemerintah.

Pasalnya, bila dibandingkan dengan negara lain, ongkos logistik di Indonesia jauh lebih mahal. Hal itu bisa mempengaruhi minat investor untuk berinvestasi di dalam negeri.

Baca juga: Menurut Sri Mulyani, Ini Alasan Transaksi Digital Perlu Diatur Ketat

"Hari ini saya pertama kali keluar dari Jakarta, semenjak Covid. Dan pilihan pertama adalah mengunjungi Pulau Batam, untuk sebuah acara yang begitu penting, yakni peluncuran Batam Logistic Ecosystem (BLE)," ujar Sri Mulyani dalam acara tersebut yang ditayangkan secara virtual.

Menurut Sri Mulyani, ongkos logistik di Indonesia saat ini mencapai 23,5 persen dari keseluruhan porsi ekonomi nasional.

Angka tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan Malaysia yang ongkos logisitiknya hanya 13,5 persen dari keseluruhan ekonominya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, saat ini Indonesia sedang gencar-gencarnya promosi dan mengeluarkan beragam kebijakan untuk menarik minat investor asing.

"Jadi kerja kita tidak hanya melakukan apa yang disebut promosi investasi, namun juga bekerja, melakukan pekerjaan rumah yakni membereskan rumah kita, sehingga ketika investor datang melihat Indonesia benar-benar terbuka untuk bisnis," jelas dia.

Baca juga: Sri Mulyani Usul Revisi Aturan PPnBM Mobil Listrik

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.