Mentan Sebut Harga Cabai Rawit Merah Bakal Turun di Bulan Puasa dan Lebaran

Kompas.com - 18/03/2021, 18:48 WIB
Cabai dijual di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Jumat (5/3/2021). KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMADCabai dijual di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Jumat (5/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, harga cabai rawit di tingkat konsumen akan mengalami penurunan pada masa bulan puasa dan Lebaran nanti atau sepanjang April-Mei 2021.

Berdasarkan proyeksi Kementerian Pertanian (Kementan) l, harga cabai rawit akan turun secara bertahap hingga berada di kisaran Rp 60.000-70.000 per kilogram pada puasa dan Lebaran.

"Harga cabai rawit di tingkat konsumen diperkirakan awal Maret masih puncaknya harga, kemudian mulai minggu kedua Maret hingga akhir Juni 2021 trennya menurun,” ujar Syahrul dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Mendag Khawatir Harga Cabai Rawit Merah Anjlok Saat Lebaran

Pada akhir Juni 2021, Kementan memproyeksi harga cabai rawit sudah bergerak di kisaran Rp 52.000 per kilogram.

Menurut Syahrul, tren penurunan didukung kondisi pertanaman cabai di wilayah Jawa Timur yang pada awal Februari sudah ada tambahan luas panen.

Sehingga bakal terjadi panen raya pada akhir April-Juni mendatang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi penurunan ini diperkirakan terjadi pula pada cabai merah keriting meski lebih cenderung stabil.

Hingga akhir Juni 2021 harga cabai merah keriting diproyeksi menjadi berkisar Rp 44.000-Rp 47.000 per kilogram.

Baca juga: Akibat Gagal Panen, Harga Cabai Rawit Merah Naik 22,48 Persen Dalam Sebulan Terakhir

Ia menjelaskan, Kementan telah menyiapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi gejolak harga cabai di masa Ramadan dan Idul Fitri 2021.

Di antaranya, dengan menyampaikan early warning system (EWS) informasi ketersediaan cabai sepanjang Maret-Juni 2021 ke provinsi dan kabupaten.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X