Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Fuad Rizal: Bos Konsorsium Pelabuhan Patimban, Eks Dirkeu dan Plt Dirut Garuda

Kompas.com - 19/03/2021, 07:06 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) resmi menjadi pengelola Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Perusahaan tersebut dipimpin oleh sosok bernama Fuad Rizal.

Posisi Fuad Rizal sebagai Direktur Utama PPI terungkap usai perusahaan konsorsium Pelabuhan Patimban tersebut meneken perjanjian skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam keterangan resminya menyebut, penandatanganan dilakukan antara Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo dengan Direktur Utama PPI, Fuad Rizal.

"Pengoperasian Pelabuhan Patimban telah memasuki babak baru yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian KPBU antara Ditjen Hubla dengan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) terpilih yaitu PT PPI," kata Sekrearis Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono, dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021) lalu.

Djoko menjelaskan, setelah perjanjian KPBU ini berlaku efektif, maka PPI secara resmi menjadi operator yang akan mengelola Pelabuhan Patimban.

Namun, sementara menunggu waktu efektif pelaksanaan pengoperasian pelabuhan oleh PPI, Kemenhub menugaskan PT Pelindo III (Persero) untuk melaksanakan pengoperasian sementara Pelabuhan Patimban.

PPI merupakan BUP yang dibentuk oleh Konsorsium Patimban yang terdiri dari PT CTCorp Infrastruktur Indonesia, PT Indika Logistic & Support Services, PT U Connectivity Services, dan PT Terminal Petikemas Surabaya.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo menambahkan, Konsorsium Patimban sendiri merupakan satu-satunya konsorsium yang lolos dalam tahapan pengadaan yang dilaksanakan pemerintah sejak tahun lalu.

Baca juga: Sah, Perusahaan Bentukan Konsorsium CT Operasikan Pelabuhan Patimban

Lingkup perjanjian KPBU dengan PPI adalah penyediaan suprastruktur di Pelabuhan Patimban untuk kapasitas terminal petikemas sebesar 3,75 juta TEUs dan kapasitas terminal kendaraan sebesar 600.000 CBUs dengan jangka waktu kerja sama selama 40 tahun.

"Diharapkan dengan dioperasikannya Pelabuhan Patimban oleh PPI dapat meningkatkan produktifitas, efisiensi logistik dan daya saing ekonomi nasional khususnya di koridor Utara Jawa sehingga dapat memberi manfaat langsung kepada masyarakat," tuturnya.

Siapakah sosok Fuad Rizal?

Sebelum ini, Fuad Rizal pernah berkarier di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Selama di perusahaan penerbangan pelat merah tersebut, Fuad Rizal beberapa kali menduduki posisi strategis.

Laman resmi Garuda Indonesia pernah menulis bahwa Fuad Rizal merupakan pria kelahiran Jakarta, 2 Januari 1978. Dia lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2000.

Fuad telah menduduki jabatan penting di Garuda Indonesia sejak Februari 2015. Saat itu, dia didapuk menjadi Direktur Keuangan dan Perbendaharaan hingga September 2018.

Kemudian, dia ditunjuk menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia hingga November 2020.

Karier Fuad Rizal di Garuda Indonesia berakhir saat terjadi perombakan direksi melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), November 2020.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com