Transaksi di Rest Area Cipali-Palikanci Bisa Pakai QRIS Lewat BSI Mobile

Kompas.com - 19/03/2021, 09:31 WIB
Ilustrasi transaksi nontunai berbasis QR Code dengan aplikasi BCA mobile Dok. Tim Kreatif KOMPAS.comIlustrasi transaksi nontunai berbasis QR Code dengan aplikasi BCA mobile

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk mendukung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon menerapkan transaksi digital di kawasan rest area ruas tol Cipali-Palikanci.

Nantinya, transaksi di rest area ruas tol Cipali-Palikanci bisa dilalukan dengan memindai QR code menggunakan aplikasi BSI Mobile.

Regional CEO BSI Region 7 Bandung Dade Dermawan mengungkapkan, QRIS merupakan solusi pembayaran digital yang mudah, cepat, nyaman dan aman bagi masyarakat terutama di tengah kondisi kenormalan baru.

Baca juga: Gubernur BI Optimistis 12 Juta Merchant Gunakan QRIS Dalam Waktu Dekat

"Dengan QRIS, masyarakat tidak perlu menggunakan uang tunai yang berpindah dari tangan ke tangan, tetapi cukup memindai QR code menggunakan aplikasi BSI Mobile dalam handphone,” kata Dade dalam siaran pers, Jumat (19/3/2021).

Sejak mengimplementasikan metode pembayaran kode respons cepat berstandar nasional (QRIS), Bank Syariah Indonesia telah bekerjasama dengan lebih dari 2.000 merchant di wilayah Jawa Barat.

“Kami juga terus melakukan kerjasama dengan masjid dan lembaga donasi dalam menyediakan metode QRIS untuk pembayaran zakat, infak, sedekah, wakaf (ziswaf) ataupun kebutuhan ibadah lainnya seperti kurban, akikah, dan lain-lain," jelas Dade.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini Bank Syariah Indonesia juga fokus pada beberapa ekosistem lain seperti perumahan, ekosistem pasar, ekosistem tempat wisata, dan ekosistem sekolah.

Ekosistem perumahan mulai dari transaksi belanja jual beli hingga pembayaran parkir.

Baca juga: BI Targetkan 12 Juta Merchant UMKM Gunakan QRIS hingga Akhir 2021

Sementara ekosistem tempat wisata untuk pembayaran tiket/souvenir, dan ekosistem sekolah/universitas untuk pembayaran biaya SPP hingga pembayaran iuran keanggotaan/denda perpustakaan.

Sebagai informasi, launching/kick off digitalisasi sistem pembayaran melalui QRIS tersebut dilakukan oleh Bupati Majalengka Karna Sobahi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon Bakti Artanta, dan Regional CEO Bank Syariah Indonesia Region 7 Bandung Dade Dermawan di Masjid Bank Syariah Indonesia rest area km 166 Majalengka, Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.