Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hankook Kembangkan Ban Khusus Mobil Listrik

Kompas.com - 19/03/2021, 16:01 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren kendaraan listrik di Indonesia diproyeksi akan terus tumbuh ke depan. Ini selaras dengan upaya pemerintah menciptakan ekosistem industri kendaraan listrik nasional.

Merespons hal tersebut, Hankook Tire pun terus mengembangkan ban khusus penunjang mobil listrik.

President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin mengatakan, ban mobil listrik harus mampu mempertahankan esensi performa beremisi rendah tanpa membatasi fleksibilitas berkendara.

“Contoh, ban untuk mobil listrik harus punya hambatan gulir (rolling resistance) yang rendah sehingga melaju lebih halus, namun di saat yang sama harus tetap punya daya cengkram yang optimal,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Sri Mulyani Usul Revisi Aturan PPnBM Mobil Listrik

Yoonsoo menjelaskan, mobil listrik umumnya lebih berat 10-20 persen dibandingkan mobil biasa, karena menyimpan mesin berbasis baterai.

Hal tersebut membuat mobil listrik menghasilkan torsi yang lebih boros terlebih saat mobil baru dinyalakan.

“Sehingga, membutuhkan ban dengan akselerasi yang lebih sporty, serta pegangan tapak (tread grip) yang tinggi agar tahan dari potensi abrasi yang intens,” ujarnya.

Pada 2018 lalu, Hankook telah meluncurkan ban khusus mobil listrik perdana, Kinergy AS EV. Ban ini mampu mengurangi kebisingan maksimal hingga 9,2 db.

“Selain tipe Kinergy AS EV, Hankook Tire juga merilis Ventus S1 Evo 3 EV untuk versi all-electric vehicles,” ujar Yoonsoo.

Saat ini Hankook disebut tengah mengembangkan ban ramah lingkungan yang dapat mengurangi penggunaan bahan bakar dengan membatasi resistensi rotasi dan menggunakan produk sampingan minyak, seperti karet sintesis, karbon hitam, dan minyak sintetis yang lebih ramah lingkungan.

“Hankook Tire berharap regulasi mobil listrik di Indonesia bisa segera berlaku dan ekosistem mobil listrik dalam negeri semakin terbentuk,” ucapnya.

Baca juga: Kemenkeu Sebut Mobil Listrik di Luar Negeri Lebih Murah karena Insentif Pajak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com