Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Provinsi Penghasil Beras Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 19/03/2021, 16:01 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia marupakan salah satu negara penghasil beras terbesar di dunia. Beras sendiri merupakan makanan pokok paling dominan dari Sabang sampai Merauke, terutama sejak era Presiden Soeharto.

Namun lantaran kebutuhannya terus meningkat seiring bertambahnya populasi penduduk dan terus menyusutnya lahan pertanian, membuat Indonesia terkadang terpaksa masih harus mengimpor beras dari negara tetangga. 

Mengutip data perkiraan atau prognosa yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang Januari-Mei 2021 produksi beras yang digiling dari gabah padi mencapai 17,51 juta ton di seluruh Indonesia.

Sementara itu, kebutuhan beras untuk konsumsi di periode yang sama yakni 12,33 juta ton. BPS juga mencatat stok beras di dalam negeri per akhir Desember 2020 lalu sebesar 7,38 juta ton.

Baca juga: Mengingat Lagi Janji Jokowi Tolak Impor Beras Saat Pilpres

Besaran produksi beras dihitung berdasarkan keseluruhan hasil panen dalam bentuk gabah kering giling (GKG). GKG adalah gabah padi yang mempunyai kandungan kadar air maksimal 14 persen atau sudah melalui proses pengeringan. 

BPS sendiri saat ini menetapkan standar konversi sebesar 62 persen rendemen. Artinya, dari 100 kg GKG, bisa menghasilkan sekitar 62 kg beras setelah melalui proses penggilingan.

Berikut ini 7 daerah penghasil padi terbesar di Indonesia versi BPS:

1. Jawa Timur

Jawa Timur atau Jatim dinobatkan jadi daerah penghasil beras terbesar di indonesia. Jumlah GKG yang diproduksi di Jawa Timur sepanjang Januari-April 2020 lalu mencapai 4,20 juta ton.

Baca juga: Tak Bisa Tolak Impor Beras, Mentan SYL Minta Maaf ke DPR

Sementara itu menurut prognosa Januari-April 2021, jumlah gabah kering yang diproduksi provinsi ini diperkirakan mencapai 4,98 juta ton.

2. Jawa Tengah

Provinsi penghasil padi terbesar di indonesia di posisi kedua ditempati oleh Jawa Tengah atau Jateng. Selama beberapa tahun, provinsi ini juga sempat menduduki peringkat pertama daerah penghasil beras terbesar di indonesia sebelum tergeser oleh Jawa Timur. 

Produksi padi GKG di Jateng pada Januari-April 2020 yakni sebesar 4,10 juta ton. Sementara perkiraan atau prognosa Januari-April 2021 sebesar 4,81 juta ton.

3. Jawa Barat

Langganan daerah penghasil padi terbesar di Indonesia di peringkat ketiga adalah Jawa Barat atau Jabar. Selain produksinya yang besar, Jabar juga dikenal sebagai penghasil beras dengan kualitas terbaik di Indonesia.

Baca juga: Banyak Orang yang Diet Keto, Mengapa Pemerintah Tetap Impor Beras?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com