Kompas.com - 19/03/2021, 16:01 WIB
Siasati Kamarau Panjang, Petani Padi Beralih Tanam Palawija Tahan Kemarau JUNAEDISiasati Kamarau Panjang, Petani Padi Beralih Tanam Palawija Tahan Kemarau

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia marupakan salah satu negara penghasil beras terbesar di dunia. Beras sendiri merupakan makanan pokok paling dominan dari Sabang sampai Merauke, terutama sejak era Presiden Soeharto.

Namun lantaran kebutuhannya terus meningkat seiring bertambahnya populasi penduduk dan terus menyusutnya lahan pertanian, membuat Indonesia terkadang terpaksa masih harus mengimpor beras dari negara tetangga. 

Mengutip data perkiraan atau prognosa yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang Januari-Mei 2021 produksi beras yang digiling dari gabah padi mencapai 17,51 juta ton di seluruh Indonesia.

Sementara itu, kebutuhan beras untuk konsumsi di periode yang sama yakni 12,33 juta ton. BPS juga mencatat stok beras di dalam negeri per akhir Desember 2020 lalu sebesar 7,38 juta ton.

Baca juga: Mengingat Lagi Janji Jokowi Tolak Impor Beras Saat Pilpres

Besaran produksi beras dihitung berdasarkan keseluruhan hasil panen dalam bentuk gabah kering giling (GKG). GKG adalah gabah padi yang mempunyai kandungan kadar air maksimal 14 persen atau sudah melalui proses pengeringan. 

BPS sendiri saat ini menetapkan standar konversi sebesar 62 persen rendemen. Artinya, dari 100 kg GKG, bisa menghasilkan sekitar 62 kg beras setelah melalui proses penggilingan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini 7 daerah penghasil padi terbesar di Indonesia versi BPS:

1. Jawa Timur

Jawa Timur atau Jatim dinobatkan jadi daerah penghasil beras terbesar di indonesia. Jumlah GKG yang diproduksi di Jawa Timur sepanjang Januari-April 2020 lalu mencapai 4,20 juta ton.

Baca juga: Tak Bisa Tolak Impor Beras, Mentan SYL Minta Maaf ke DPR

Sementara itu menurut prognosa Januari-April 2021, jumlah gabah kering yang diproduksi provinsi ini diperkirakan mencapai 4,98 juta ton.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.