Kompas.com - 19/03/2021, 17:13 WIB
Petani garam sedang mengurai serta mengeringkan garam Humas Kementerian Kelautan dan PerikananPetani garam sedang mengurai serta mengeringkan garam


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah memutuskan kuota impor garam sebanyak 3 juta ton pada 2021. Indonesia memang langganan impor garam dari berbagai negara sejak tahun-tahun sebelumnya.

Kuota impor garam di tahun 2021 ini sendiri, yakni 3 juta ton, lebih tinggi dari kuota impor garam pada 2020 yang sebanyak 2,9 juta ton. Hanya saja, perlu dicatat bahwa angka tersebut baru merupakan kuota, yang belum tentu terealisasi sepenuhnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tiap tahun Indonesia mengimpor garam jutaan ton, dengan jumlah realisasi yang fluktuatif. Adapun jumlah garam impor dari negara asalnya, tiap tahunnya juga berbeda-beda.

Dari catatan BPS, Indonesia tercatan langganan impor garam dari Australia, India, China, Selandia Baru, Singapura, Jerman, Denmark, dan negara lainnya.

Baca juga: Balada Impor Beras, Garam, dan Gula, Usai Seruan Jokowi Benci Produk Asing

Dari negara-negara itu, sejak tahun 2010 hingga 2019, Indonesia paling banyak mengimpor garam dari Australia. Selanjutnya, India menjadi pemasok garam impor terbesar kedua setelah Australia.

Selama periode tersebut, impor garam terbanyak dari Australia terjadi pada tahun 2018, yakni sebesar 2,6 juta ton. Angka tersebut senilai dengan harga 90,65 juta dolar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan impor garam terbesar dari India selama periode yang sama, terjadi pada tahun 2011, yakni sebanyak 1,02 juta ton. Nilai impornya setara dengan 54,04 juta dolar AS.

Di sisi lain, China juga menjadi salah satu negara yang rajin mengekspor garamnya ke Indonesia, dengan kisaran antara ratusan ton hingga puluhan ribu ton per tahun.

Selama periode 2010-2019, impor garam terbesar dari China terjadi pada 2015 yakni sebanyak 37.404 ton atau setara dengan 2,63 juta dolar AS.

Kemudian, uniknya Indonesia tiap tahun juga selalu impor garam dari Singapura, negara yang notabene memiliki luas daratan dan lautan terbatas. Meski begitu, rata-rata impor garam dari Singapura jumlahnya tak terlalu besar, hanya belasan hingga ratusan ton per tahun.

Baca juga: Pemerintah Akan Impor Garam 3 Juta Ton Tahun Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.