LKPP dan Bukalapak Optimalkan 6,5 Juta UMKM untuk Pengadaan Barang dan Jasa Digital

Kompas.com - 19/03/2021, 18:04 WIB
jumpa pers virtual Bukalapak, Jumat (19/3/2021). Bukalapakjumpa pers virtual Bukalapak, Jumat (19/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukalapak melalui layanan BukaPengadaan, menggandeng Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) untuk meluncurkan program Bela Pengadaan.

Melalui program ini, 6,5 juta UMKM yang ada di Bukalapak akan dibantu untuk mengoptimalkan usahanya dalam pengadaan barang dan jasa digital serta dapat berkompetisi di pasar yang lebih luas.

Sekretaris Utama LKPP Setya Budi Arijanta mengatakan, program Bela Pengadaan yang menggandeng sejumlah marketplace diharapkan mampu memberikan stimulus perekonomian kepada usaha mikro dan usaha kecil melalui belanja pemerintah yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

"Keberadaan marketplace seperti BukaPengadaan dapat memberikan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha. Transaksi elektronik yang disajikan marketplace diharapkan dapat mendorong transparansi sehingga mengurangi potensi korupsi di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah," ujarnya dalam jumpa pers virtual, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Bayar Biaya Nikah KUA Bisa Via Bukalapak, Simak Caranya

Sementara itu Direktur BukaPengadaan Indonesia Hita Supranjaya mengatakan, dengan mengoptimalkan keberadaan jutaan pelapak di seluruh Indonesia, BukaPengadaan berkomitmen untuk dapat memenuhi setiap kebutuhan korporasi dan pemerintah melalui penyediaan pengadaan barang dan jasa elektronik yang bersaing, akuntabel, kredibel dan transparan.

“Pandemi merupakan saat yang sulit bagi UMKM, oleh karena itu, dengan bergabungnya UMKM ke dalam integrasi bisnis BukaPengadaan UMKM mendapatkan kesempatan untuk berada di pasar yang lebih luas, menjangkau konsumen yang lebih besar dengan skala transaksi yang juga lebih besar," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya melalui kolaborasi ini akan menyediakan layanan pembiayaan kepada mitra dengan riwayat transaksi yang baik.

"Harapannya hal ini dapat turut mendorong kinerja positif UMKM dalam memenuhi kebutuhan pengadaan," ucap dia.

Baca juga: Dorong UMKM Melek Teknologi, Bukalapak Gandeng Microsoft



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.