Permudah Akses Pembiayaan untuk Petani, AwanTunai Gandeng SayurBox

Kompas.com - 19/03/2021, 19:25 WIB
Ilustrasi petani SHUTTERSTOCK.com/FENLIOQIlustrasi petani
|

JAKARTA, KOMPAS.com — PT SimpleFi Teknologi Indonesia atau AwanTunai menjalin kerja sama dengan SayurBox. Kolaborasi ini, diharapkan akan memberikan kemudahan akses pembiayaan yang berbiaya rendah, hingga memfasilitasi lebih dari 5.000 UMKM petani di Indonesia.

Chief Executive Officer dan Co-Founder AwanTunai Dino Setiawan mengatakan, dukungan AwanTunai dalam kerja sama ini adalah untuk mengembangkan pengumpulan data dan infrastruktur penilaian digital melalui dana yang difasilitasi oleh SCBF.

"Inisiatif ini bertujuan untuk membentuk proses manajemen risiko kredit yang diterima bank agar lebih sesuai untuk UMKM petani serta mengembangkan sistem infrastruktur dasar (yang merupakan pengembangan aplikasi HP) dan melakukan aktivitas penjualan dan pemasaran," ujarnya mengutip siaran persnya, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Akumindo: Penurunan Bunga Kredit Hanya Menarik untuk UMKM yang Selamat dari Pandemi

Dino berharap kemitraan ini akan berpengaruh besar pada kesejahteraan petani Indonesia. Sebab, dia menilai, sebagian besar UMKM petani Indonesia tidak memiliki akses ke modal kerja yang terjangkau.

"Belum lagi, terbatasnya akses ke dukungan kredit formal, permodalan, teknologi, dan akses menimbulkan dampak negatif terhadap stabilitas ekonomi petani. Oleh sebab itu kinerja ini diharapkan dapat mendigitalisasi dan mengoptimalkan rantai pasokan industri pertanian untuk memperluas jangkauan akses pembiayaan terjangkau kepada lebih dari 19 juta UMKM petani, termasuk mereka yang tidak memiliki rekening bank, di seluruh Indonesia," kata dia.

Sementara itu, Chief Financial Officer Sayurbox Arif Zamani mengatakan, kolaborasi ini memungkinkan kedua belah pihak saling melengkapi tujuan dalam meningkatkan kesejahteraan dan inklusi keuangan bagi seluruh UMKM petani Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sayurbox sangat senang dapat bekerja sama dengan AwanTunai dalam mendukung industri pertanian Indonesia yang semakin berkembang. Pertanian adalah salah satu sektor utama perekonomian Indonesia yang paling banyak menyerap tenaga kerja Indonesia," ujar dia.

Arif optimistis kolaborasi ini bisa mencapai solusi pembiayaan berkelanjutan dan bisa meminimalisir kredit macet yang ada di UMKM.

Baca juga: Diminta Airlangga, Mentan SYL Surati Buwas Cegah Harga Gabah Anjlok



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.