Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tantangan UMKM Ikut Tender Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Kompas.com - 19/03/2021, 20:03 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih menghadapi berbagai tantangan ikut dalam proses pengadaan barang dalam jumlah yang besar. Salah satunya dirasakan oleh salah satu UMKM yakni MSA.

Direktur Operasional MSH Achmad Segaf Assegaf mengatakan, pemerintah perlu meningkatkan peran dan keterlibatan UMKM dalam hal pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Tantangan utamanya adalah permodalan. Artinya, ketika kita ikut dalam pengadaan yang jumlahnya lebih besar, otomatis kita juga harus memikirkan secara matang perusahaan kita apakah memiliki modal yang besar atau tidak," ujarnya dalam jumpa pers virtual Bukalapak, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: LKPP dan Bukalapak Optimalkan 6,5 Juta UMKM untuk Pengadaan Barang dan Jasa Digital

Selain itu, tantangan yang dihadapi oleh UMKM yakni birokrasi. Menurut dia, biasanya pengadaan barang skala besar, terutama pada proyek pemerintah, memiliki sistem birokrasi yang cukup panjang.

"Kami UMKM terbiasa dengan melakukan sistem yang sederhana dan tidak panjang. Jadi ketika ingin bergabung dalam pengadaan yang cukup besar, pasti harus melalui birokrasi yang panjang," kata dia.

Oleh sebab itu, Achmad menyambut baik program Bela Pengadaan yang diinisiasi oleh Bukalapak melalui layanan BukaPengadaan, yang menggandeng Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP).

Ia menilai program tersebut bisa membuat pelaku UMKM bergabung dalam proyek-proyek yang dimiliki oleh pemerintah maupun korporasi dengan jumlah yang lebih besar.

Baca juga: 7,48 Juta Wajib Pajak Telah Melaporkan SPT Tahunan, Anda Sudah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com