Setelah Take Off, Pesawat Trigana Air Sempat Alami Kendala Teknis

Kompas.com - 20/03/2021, 15:17 WIB
Pesawat Trigana jenis ATR yang beroperasi di Bandara Wamena. ANTARA/Marius Frisson YewunPesawat Trigana jenis ATR yang beroperasi di Bandara Wamena.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT AirNav Indonesia (Persero) menjelaskan kronologi tergelincirnya pesawat kargo Trigana Air di Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu (20/3/2021) siang.

Manager Hubungan Masyarakat AirNav Indonesia Yohanes Harry Doughlas Sirait mengatakan, pesawat dengan registrasi PK-YSF rute Jakarta Halim Perdanakusuma - Makassar Sultan Hasanuddin itu memutuskan kembali ke bandara asal keberangkatan setelah dua menit lepas landas dikarenakan adanya kendala teknis.

Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 10.53 WIB.

Baca juga: Pesawat Trigana Air Tergelincir, Bandara Halim Ditutup Sementara

“Tepat setelah mendarat, pesawat tergelincir ke arah kanan runway sehingga runway terblokir dan tidak dapat digunakan untuk operasional penerbangan,” ujar Yohanes dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Selanjutnya, kata Yohanes, petugas ATC AirNav Indonesia Cabang Halim memberikan pelayanan kedaruratan dengan berkoordinasi dengan pihak PT Angkasa Pura II (Persero) dan TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma.

“AirNav Indonesia menerbitkan NOTAM untuk penutupan Runway Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dengan nomor A0693/21,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai dampak adanya penutupan landas pacu, beberapa penerbangan yang menuju Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

“AirNav Indonesia akan terus berkoordinasi dengan para Stakeholders untuk memberikan informasi terbaru terkait penutupan Runway Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma,” ucap dia.

Baca juga: Pesawat Kargo Trigana Air Tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, 7 Penerbangan Dialihkan

Adapun penerbangan yang terdampak akibat insiden itu, yakni sebagai berikut:

DEPARTURE

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.