Apa Kabar Proyek Rel Dwi Ganda Manggarai – Cikarang?

Kompas.com - 21/03/2021, 14:35 WIB
Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara. Dok. PT Hutama Karya (Persero).Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara.


JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan proyek jalur dwi ganda kereta api atau double-double track (DDT) Manggarai – Cikarang sampai saat ini masih terus berlangsung.

Dari keseluruhan proyek, Paket A tahap I Manggarai - Cikarang jadi salah satu yang tergolong progresif. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Sabtu (20/3/2021) kemarin sudah meninjau progres pembangunan proyek DDT Paket A Tahap 1 di Stasiun Jatinegara.

Paket A Tahap 1 meliputi pembangunan Stasiun Jatinegara, Matraman, dan Manggarai, serta pembangunan sisi barat new track elevated Manggarai – Jatinegara dan Bukit Duri – Cikini.

Secara keseluruhan Paket A Tahap 1 sudah mencapai 98 persen. Budi Karya dalam tinjauannya memastikan proyek pembangunan terus berjalan dengan baik.

"Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan perkembangan pembangunan perkeretaapian kita,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (21/3/2021).

Baca juga: Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diimpor dari China

Untuk pembangunan gedung Stasiun Jatinegara sendiri sudah selesai 100 persen. Saat ini di Stasiun Jatinegara sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti memiliki 4 peron, 8 jalur kereta, bangunan stasiun 2 lantai, perpindahan penumpang melalui lantai 2 bangunan stasiun (area concourse), panjang peron dan shelter seragam, dilengkapi fasilitas bagi kaum difable, dan fasilitas lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kita lihat bahwa Stasiun Jatinegara dan jalur keretanya sudah selesai dengan jalur elevated (overtrack station) sehingga pelayanannya menjadi lebih baik. Kita juga akan lakukan ini di Manggarai yang akan menjadi pusat stasiun kereta api jarak jauh,” kata Budi Karya.

Keberadaan DDT ini akan memisahkan perjalanan KA Jarak Jauh dan Commuter Line atau KRL. Dengan begitu, manfaatnya yakni mengurangi keterlambatan perjalanan kereta, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan yang paling penting meningkatkan keselamatan, kenyamanan dan keamanan perjalanan KA.

DDT Manggarai-Jatinegara diharapkan dapat lebih mempermudah mobilitas masyarakat di wilayah Jabodetabek dengan bertambahnya jumlah kapasitas pergerakan kereta api jalur Bekasi maupun Bogor line.

Baca juga: Budi Karya: Kemenhub Tak Bisa Larang atau Izinkan Mudik Lebaran 2021

Budi Karya bilang, Kemenhub melalui Ditjen Perekeretaapian terus bekerja keras menyelesaikan berbagai proyek prasarana perkeretaapian nasional yang membutuhkan alokasi anggaran yang besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X