Elon Musk Siap Tutup Tesla jika Terbukti Mata-matai China

Kompas.com - 21/03/2021, 15:31 WIB
Elon Musk KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoElon Musk
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah China melarang mobil listrik produksi Tesla untuk memasuki fasilitas militer negara. Ini merupakan langkah keamanan yang diambil China karena kekhawatiran terhadap adanya kamera di mobil Tesla.

Merespons hal tersebut, CEO Tesla Elon Musk mengaku siap untuk menutup perusahaanya, jika terbukti memata-matai negara manapun.

“Jika Tesla terbukti menggunakan mobil untuk memata-matai China atau negara manapun, kami akan menutup Tesla,” ujarnya dilansir dari CNBC, Minggu (21/3/2021).

Baca juga: Inovasi Gaya Toyota dan Tesla, Mana Lebih Baik?

Pembatasan operasional Tesla itu pun menjadi salah satu bahasan utama antara diplomat China dan Amerika Serikat (AS).

Menurut Musk, kecurigaan militer China itu merupakan dampak hubungan Washington dan Beijing yang memanas dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karenanya, dia menyerukan kepada Negeri Paman Sam dan Negeri Tirai Bambu untuk meningkatkan rasa saling percaya.

China sendiri merupakan pasar terbesar otomotif. Saat ini, produsen kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) tengah bersaing mendapatkan pasar itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepanjang tahun lalu, Tesla berhasil menjual 147.445 unit EV di China, 30 persen dari total penjualan perusahaan.

Selain itu, Mobil Model 3 dan Model Y kini menguasai 13 persen pangsa pasar mobil listrik di China. Saat ini, Tesla tengah berkompetisi dengan Xpeng, produsen mobil listrik lokal.

Baca juga: Luhut Ogah Mengemis Investasi ke Tesla: Hey, You Need Us

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.