Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KURASI KOMPASIANA] Membiarkan Anak Bermain Tanpa Pengawasan | Antara Mitos dan Perkembangan Anak | Masalah Fobia Anak

Kompas.com - 21/03/2021, 17:17 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Kehadiran anak tentu jadi hal yang paling diidamkan pasangan suami istri. Anak tak hanya sebagai pelengkap tapi juga penerus keluarga.

Semua orangtua tentu ingin buah hatinya tumbuh menjadi seorang yang sehat jasmani dan rohani juga cerdas. Untuk mewujudkannya orangtua rela melakukan dan memberikan segala yang terbaik bagi anaknya.

Menjaga dan mendidik anak tentu tidak mudah. Tiap anak memiliki keistimewaan tersendiri yang akan berpengaruh pada bagaimana cara orangtua dalam memperlakukannya.

Berikut adalah 3 konten pilihan yang berkaitan dengan hal yang harus diperhatikan orangtua dalam upayanya menjaga dan mendidik buah hati.

1. Pikir Seribu Kali Sebelum Membiarkan Anak Bermain di Luar Rumah Tanpa Pengawasan

Bermain di luar rumah kerap menjadi pilihan orangtua untuk melatih anak bersosialisasi dengan lingkungan dan melatih motorik mereka.

Meski begitu, pengawasan tetap wajib dilakukan orangtua saat anak bermain di luar rumah.

Menurut Kompasianer Martha Weda, orangtua harus berpikir seribu kali untuk membiarkan anak bermain di luar rumah tanpa pengawasan.

Bukan karena proteksi berlebihan. Tetapi karena begitu banyak bahaya dan kejahatan yang mengintai anak di luar sana. (Baca Selengkapnya)

2. Menakuti Anak dengan Kisah Urban Legend, Apakah Baik untuk Perkembangan Anak?

Bercerita atau mendongeng jadi salah satu pilihan orangtua untuk melatih daya imajinasi anak.

Tapi tak jarang, media bercerita terutama yang berhubungan dengan kisah urban legend dimanfaatkan orangtua untuk menakuti anak.

Menurut Kompasianer Indra Mahardika, hal tersebut baiknya tidak lagi dilakukan orangtua karena dapat menimbulkan dampak bagi perkembangan anak ke depannya.

Ada 5 dampak yang bisa saja terjadi jika kita sebagai orang dewasa terlalu sering menakuti atau menceritakan kisah urban legend. Apa saja? (Baca Selengkapnya)

3. Menangani Masalah Fobia pada Anak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com