Kompas.com - 21/03/2021, 20:01 WIB
Antrian pengendara motor yang membeli BBM Pertalite dengan harga khusus di SPBU Jln Industri Raya No.1, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020). KOMPAS.COM/ IRA GITAAntrian pengendara motor yang membeli BBM Pertalite dengan harga khusus di SPBU Jln Industri Raya No.1, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) terus gencar mengedukasi masyarakat untuk beralih dari bahan bakar dengan RON 88 atau Premium.

Hal itu sejalan dengan upaya Pemerintah yang tengah fokus menurunkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) tidak ramah lingkungan.

 

Salah satu langkah yang dilakukan Pertamina untuk menekan konsumsi Premium masyarakat ialah dengan memberikan diskon harga Pertalite, dari Rp 7.650 per liter, menjadi Rp 6.450 atau setara dengan Premium.

Program yang khusus diberikan kepada kendaraan roda dua, angkutan umum, dan kendaraan pelat kuning itu telah dilaksanakan sejak tahun lalu, dan sudah diterapkan di berbagai wilayah.

Baca juga: PLN Gunakan Power Bank untuk Pasok Listrik ke Sentra Vaksinasi Senayan

Lantas, apakah Pertamina akan menurunkan harga Pertalite secara permanen agar konsumsi Premium dapat terus ditekan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Putut Andriatno memastikan, Pertamina sampai saat ini belum akan melakukan penyesuaian harga Pertalite.

"Kebijakannya belum ditetapkan," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (21/3/2021).

Lebih lanjut Putut menjelaskan, Pertamina tengah fokus untuk melakukan edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan BBM dengan RON lebih tinggi. Edukasi ini salah satunya dilakukan dengan program diskon Pertalite.

Harapannya, akan terjadi peralihan penggunaan dari Premium, ke BBM dengan RON yang lebih tinggi.

"Tujuan utamanya adalah edukasi kepada konsumen untuk gunakan BBM berkualitas," ucapnya.

Baca juga: Elon Musk Siap Tutup Tesla jika Terbukti Mata-matai China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.