Meroketnya Harga Cabai: Janji Pemerintah dan Masalah Klasik Menahun

Kompas.com - 22/03/2021, 08:22 WIB
Kholifah (30), seorang pedagang cabai rawit merah di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten. Ia menjual cabai rawit merah dengan harga Rp 130.000 tiap satu kilonya. KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALKholifah (30), seorang pedagang cabai rawit merah di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten. Ia menjual cabai rawit merah dengan harga Rp 130.000 tiap satu kilonya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga cabai, khususnya jenis cabai rawit, sedang mahal-mahalnya. Harga bahan utama sambal ini meroket hingga menembus di atas Rp 100.000 per kg dalam beberapa minggu terakhir.

Bahkan di beberapa daerah, harga cabai sudah mencapai Rp 120.000 per kg atau sudah melampaui harga daging sapi, komoditas pangan yang selama ini dianggap jadi barang mahal di Indonesia.

Persoalan mahalnya harga cabai ini seolah jadi masalah klasik menahun yang tak kunjung ditemukan solusi jangka panjang dari pemerintah. Sudah jadi langganan setiap tahun, harga cabai akan melonjak tajam, terutama saat transisi pergantian musim.

Selain saat pergantian musim, harga cabai juga kerapkali melambung tinggi saat momen bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Baca juga: Mentan Sebut Harga Cabai Rawit Merah Bakal Turun di Bulan Puasa dan Lebaran

Dikutip dari Kontan, Senin (22/3/2021), Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjelaskan kenaikan harga cabai lantaran kerusakan panen di beberapa wilayah sentra cabai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya ingin beri laporan sedikit bahwa di Tuban, Kediri dan Blitar terjadi kerusakan panen antara kurang lebih 40 persen. Tetapi di Wajo Sulawesi Selatan terjadi kerusakan kurang lebih 70 persen," kata Lutfi dalam keterangannya.

"Jadi karena itu, harga cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawait merah terjadi kenaikan harga yang stabil tapi tinggi," ujar Lutfi lagi.

Berdasarkan data sistem pemantauan pasar kebutuhan pokok (SP2KP) Kemendag beberapa hari lalu saja, harga cabai rawit merah sudah sekitar Rp 96.247 per kg naik 22,48 persen dibandingkan sebelumnya yang sebesar Rp 74.607 per kg.

Baca juga: Harga Cabai Melonjak, Ini Penjelasan Mendag Lutfi

Sementara, cabai merah keriting sebesar Rp 47.731 per kg naik 1,22 persen dari 11 Februari, sementara acabai merah besar sekitar Rp 44.472 per kg turun 4,28 persen dibandingkan 11 Februari.

Meski begitu, Lutfi mengatakan bahwa harga cabai saat ini menunjukkan penurunan dalam beberapa hari terakhir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.